Mengenal Wahyana, Guru Olahraga di Gunungkidul yang Jadi Wasit di Olimpiade Tokyo 2020

- 4 Agustus 2021, 09:08 WIB
Wahyana, guru olahraga yang jadi wasit  badminton di Olimpiade Tokyo 2021
Wahyana, guru olahraga yang jadi wasit badminton di Olimpiade Tokyo 2021 /Instagram @ceritagunungkidul

KABAR JOGLOSEMAR - Seorang guru dari Gunungkidul, Yogyakarta, bernama Wahyana menjadi salah satu wasit di Olimpiade Tokyo 2020. Dia pun menjadi wasit dalam final tunggal putri cabang olahraga bulu tangkis pada olimpiade tersebut.

Badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang mengharumkan nama Indonesia. Pasangan ganda putri Greysia Polli dan Apriyani Rahayu berhasil menyabet medali emas dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Ada pula tunggal putera Indonesia Anthony Sinisuka Ginting juga meraih medali perunggu. Nama Wahyana pun turut mengharumkan Indonesia saat menjadi wasit di Olimpiade Tokyo 2020 tersebut.

Baca Juga: Cair Mulai Agustus 2021, Ini 7 Syarat Terbaru Penerima Bantuan Subsidi Upah Rp1 Juta

Wahyana dipercaya untuk memimpin jalannya pertandingan antara Chen Yu Fei dari China dengan Tai Tzu Ting dari Taiwan.

Siapakah Wahyana yang mendapat kesempatan menjadi wasit di ajang bergengsi tingkat internasional itu? Simak profilnya berikut ini:

Wahyana merupakan guru di SMP Negeri 4 Patuk Gunungkidul. Wahyana merupakan warga Godean, Sleman, tetapi menjadi guru olahraga di Kabupaten Gunungkidul. Sejak dulu memang sudah tertarik dan suka olahraga.

Baca Juga: Bantuan Subsidi Upah 2021 BLT BPJS Ketenagakerjaan Segera Cair, Simak 6 Syarat Berikut Ini

Wahyana secara khusus kuliah di Fakultas Olahraga UNY. Dia menekuni olahraga voli dan pernah menjadi anggota voli DIY. Namun, karena mengalami cedera engkel, Wahyana memutuskan berhenti dan menggeluti badminton tetapi sebagai wasit.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X