Musibah dan Peluang di Balik Pandemi Corona

- 15 November 2020, 08:35 WIB
Ilustrasi corona.
Ilustrasi corona. /Pixabay/Tumisu
KABAR JOGLOSEMAR - Di samping membawa musibah, pandemi virus Corona juga membawa berkah. Membawa musibah karena membuat banyak korban meninggal dunia dan sakit.
 
Namun, juga membawa berkah karena membuka mata dunia, termasuk Indonesia, untuk kreatif, inovatif dan berubah dalam segala bidang.

Di antara perubahan yang dilakukan di tengah pandemi virus Coronan, menurut Presiden Joko Widodo adalah berbagai aktivitas bisnis, pendidikan dan sebagainya kini banyak yang dilakukan secara virtual atau online.

Baca Juga: Masih Sempat, Login kemnaker.go.id lalu Cek Penerima BLT Subsidi Upah Gelombang 2 Tahap 2 di Sini

Hal ini menjadi peluang untuk melakukan percepatan digitalisasi karena lebih efektif dan efisien.

Seperti dikutip Kabar Joglosemar.com dari laman resmi kominfo.go.id, dalam pertemuan ASEAN Business and Investment Summit 2020 (ABIS 2020) secara virtual, Sabtu (14/11/2020), Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa di tengah tantangan akibat pandemi virus Corona, kita perlu tetap optimistis.

Karena masih ada peluang untuk maju, berkembang dan keluar dari krisis.

Di antara peluang itu adalah percepatan perkembangan digitalisasi dalam segala sektor dan bidang.

Misalnya, banyak aktivitas usaha, bisnis, pendidikan bisa dilakukan secara virtual. Hal ini justru lebih efisien, efektif, mudah dan cepat.

Mengutip laporan Sekjen PBB, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa saat ini jaringan seluler telah menjangkau lebih dari 95 persen populasi dunia.

Sementara data menunjukkan bahwa pada Juni 2020, ada 441 juta orang atau sekitar 65 persen populasi ASEAN adalah pengguna internet.

Baca Juga: Tips Agar Bunga Bougenville Berbunga Banyak, Lebat, dan Rimbum

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X