Pegiat Sungai di Jogja Punya Cara Unik untuk Peringati Hari Sumpah Pemuda

- 28 Oktober 2020, 22:02 WIB
Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-92 di Jembatan Dam Kali Kuning Sempu, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Rabu (28/10/2020) pagi.
Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-92 di Jembatan Dam Kali Kuning Sempu, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Rabu (28/10/2020) pagi. /Jumadi

KABAR JOGLOSEMAR - Banyak cara dilakukan orang untuk memperingati hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2020. Dan para pegiat sungai yang tergabung dalam Forum Komunitas Sungai Sleman (FKSS) punya cara yang unik.

Bersama Karang Taruna "Parikesit" Kelurahan Wedomartani, Pramuka Saka Kalpataru Sleman, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman dan warga sekitar bantaran sungai, mereka menggelar upacara bendara peringatan Sumpah Pemuda ke-92 di Jembatan Dam Sungai Kuning, Sempu, Wedomartani, Ngemplak Sleman, Rabu (28/10/2020) pagi.

Baca Juga: Terbuka untuk 9 Juta KK! Segera Daftar BST Rp 500 Ribu ke RT/RW

Hal itu dilakukan untuk mengajak generasi milenial agar semakin peduli terhadap upaya pelestarian sungai.

Upacara bendera yang berlangsung kidmat dipimpin langsung oleh Kepala DLH Sleman, Ir Dwi Anta Sudibya MT. Pada kesempatan itu, Sudibya mengingatkan pentingnya generasi muda untuk kian peduli pada kelestarian lingkungan, khususnya sungai.

"Sungai-sungai kita kian tercemar. Bukan hanya disebabkan perilaku warga yang membuang sampah ke sungai, tapi juga aturan yang mengiznkan sejumlah usaha membuang limbah ke sungai," kata Sudibya.

Sudibya menambahkan, perlunya keterlibatan masyarakat dalam ikut menjaga lingkungan.

"Jika melihat ada industri atau unit usaha yang membuang limbah atau sampahnya ke sungai, segers lapor kami," tandasnya.

Baca Juga: Yang Tanya BLT BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 Kapan Cair, Ini Waktunya

Menurut Sudibya, sejumlah titik sungai yang masih bersih, seperti di Dam Kali Kuning Sempui, perlu dijaga. Air yang jernih menjadikan ikan-ikan sungai hidup bebas tanpa terganggu limbah dan sampah.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x