Potensi Tsunami 20 Meter, Ini 6 Kejadian Tsunami yang Pernah Landa Indonesia Sejak Tahun 2000

- 28 September 2020, 12:05 WIB
BMKG menyebut ada masalah komunikasi sains sehingga masyarakat resah akan hasil riset ITB soal potensi tsunami 20 meter di Pulau Jawa.
BMKG menyebut ada masalah komunikasi sains sehingga masyarakat resah akan hasil riset ITB soal potensi tsunami 20 meter di Pulau Jawa. /Pixabay/Stefan Keller

KABAR JOGLOSEMAR - Baru-baru ini Institut Teknologi Bandung (ITB) merilis hasil riset yang telah dilakukan.

Para peneliti menemukan adanya potensi tsunami setinggi 20 m di kawasan Selatan pulau Jawa.

Hal ini membuat sejumlah masyarakat Resah. Terutama mereka yang tinggal di wilayah Selatan pulau Jawa. Daerah istimewa Yogyakarta menjadi salah satu kawasan yang memiliki pantai Selatan.

Baca Juga: Jangan Lakukan 4 Hal Ini Jika Ingin Berhasil di Program Kartu Prakerja Gelombang 10

Bencana gempa bumi dan tsunami di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang. Hal ini tak lepas Dari kondisi geografis Indonesia.

Dikutip KabarJoglosemar.com dari BMKG, berikut ini adalah deretan kejadian tsunami yang terjadi di Indonesia sejak tahun 2000.

1. Tsunami Aceh - 2004

Masyarakat Indonesia tentu tak pernah lupa dengan tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004. Berdasarkan informasi yang dihimpun, tsunami Aceh pada tahun 2004 menjadi tsunami terdahsyat di abad ke-21.

Kalau itu, tsunami Aceh tahun 2004 menyebabkan kurang lebih 250000 orang meninggal dunia. Berawal dari gempa bumi dengan sekalah 9,2 Mw.

Gempa bumi ini memicu tsunami setinggi 34,5 m di sejumlah pantai yang ada di Aceh. Hingga kini, peringatan tsunami Aceh tahun 2004 masih dilakukan oleh sejumlah pihak.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x