Tak Hanya Selatan Jawa, Ini Daerah yang Juga Berpotensi Terjadi Tsunami 20 Meter

- 28 September 2020, 09:05 WIB
Ilustrasi Gelombang Tsunami
Ilustrasi Gelombang Tsunami /PEXELS/ George Desipris

KABAR JOGLOSEMAR - Belakangan ini, beberapa daerah di Indonesia dilanda gempa bumi. Bahkan, Riset yang dilakukan oleh institut Teknologi Bandung menemukan bahwa tsunami setinggi 20 m berpotensi menghantam kawasan Selatan pulau Jawa.

Baca Juga: Belum Terima Bantuan Subsidi Gaji? Segera Lapor ke Sini

Masyarakat juga belakangan ini dihangatkan oleh potensi gempa bumi. BMKG mengungkapkan bahwa ada pergerakan tektonik yang cukup aktif di wilayah Indo-Australia dengan Eurasia.

“Ada (pergerakan) lempeng tektonik di Indo-Australia dengan Eurasia atau lempeng Sunda di sebelah utara nya, sehingga lokasinya ada di Selatan Jawa. Di laut lepas,” ujar Kepala pusat gempa bumi dan tsunami BMKG, Rahmat Triyono seperti yang dikutip KabarJoglosemar.com dari Jurnal Garut dalam artikel yang berjudul Waspada! Tak Hanya Selatan Pulau Jawa, Wilayah Ini Juga Berpotensi Tsunami 20 Meter.

Ia pun menyinggung terkait hasil riset oleh Institut Teknologi Bandung yang menyebutkan potensi tsunami setinggi 20 m di Selatan pulau Jawa.

Baca Juga: Jangan Lakukan 4 Hal Ini Jika Ingin Berhasil di Program Kartu Prakerja Gelombang 10

Disebutkan bahwa potensi tersebut dilihat dari adanya kekosongan ke gempa An dalam periode yang cukup panjang dengan magnitudo yang cukup signifikan atau seismik gap.

Lebih lanjut, apabila gempa tersebut terjadi maka akan memicu Patahan di lempeng lain yang membuat terjadinya gempa bumi dengan magnitudo maksimal.

Ia menegaskan bahwa potensi tsunami tidak hanya terjadi di pulau Jawa saja. Ada berbagai wilayah di Indonesia yang juga berpotensi terjadi tsunami.

Daerah tersebut di antaranya Nusatenggara, Manado, bagian Selatan pulau Bali, pantai di Sumatera, bagian utara Papua, dan Sulawesi utara.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani

Sumber: Jurnal Garut


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x