Dirundung Kemiskinan, Mantan Presiden Timor Leste Sebut Rokok dan Super Mie dari Indonesia

- 23 September 2020, 18:01 WIB
Ilustrasi kemiskinan.
Ilustrasi kemiskinan. /PIXABAY

KABAR JOGLOSEMAR - Indonesia telah melepaskan beberapa tahun yang lalu. Rupanya Timor Leste termasuk dalam negara termiskin di dunia. Timor Leste menduduki peringkat 152 dari 162 negara termiskin di dunia. 

Berdasarkan survei MPI 2020, mesti mempunyai nilai kemiskinan sebesar 45,8%. Sedangkan pada tahun 2019 sebanyak 559 ribu warga di Timor Leste berada di bawah garis kemiskinan.

Angka ini jauh lebih tinggi daripada tahun 2018. Di mana pada 581 ribu orang di Timor Leste yang berada di bawah garis kemiskinan.

Baca Juga: Pria Asal Rusia Pemimpin Sekte dan Mengaku Sebagai Reinkarnasi Yesus Ditangkap Polisi

Di Timor Leste, terdapat 26,1% warga yang rentan mengalami kemiskinan. Hal ini membuat rakyat hidup serba kekurangan.

Masuknya Timor Leste sebagai negara miskin dunia dilaporkan oleh program pembangunan perserikatan bangsa bangsa (UNDP). UNDP Merupakan salah satu sistem perserikatan bangsa bangsa untuk memaksimalkan potensi negara di dunia termasuk Timor Leste.

UNDP Telah berupaya untuk memulihkan perekonomian di Timor Leste sejak tahun 1999. Namun hingga kini Timor Leste justru mengalami kemunduran ekonomi ditambah dengan adanya Pandemi Corona.

Seperti dikutip KabarJoglosemar.com dari Zona Jakarta dalam artikel yang berjudul Kemiskinan Hantui Timor Leste, Mantan Presiden: Mungkin Minggu Depan Truk dari Kupang Bawa Super Mi!, 
Timor Leste dinyatakan merdeka pada 20 Mei 2002. Ada tiga bidang yang menjadi fokus UNDP untuk membantu Timor Leste agar berkembang.

Baca Juga: 180 Ribu Peserta Kartu Prakerja Dicabut, Ini Kriterianya Agar Tidak Ikut Diblokir

Tak hanya soal kemiskinan, Timor Leste juga memiliki masalah di Ketahanan pangan. Berdasarkan indeks kelaparan global 2017 Timor Leste dikategorikan sebagai negara yang menderita dengan tingkat kelaparan yang serius.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani

Sumber: Zona Jakarta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x