Beredar Video Bunuh Diri, TikTok Hapus Video dan Peringatkan Penggunanya

- 9 September 2020, 14:52 WIB
Tiktok.
Tiktok. /

KABAR JOGLOSEMAR - TikTok menghapus video yang beredar di aplikasinya dan melarang akun lain mengunggah ulang klip tersebut. Video yang dihapus menampilkan seorang pria yang menembak diri sendiri dengan pistol.

TikTok mengatakan video tersebut awalnya dibagikan di Facebook dan telah muncul di aplikasi lain. Seorang perwakilan TikTok mengkonfirmasi video bunuh diri tersebut mulai beredar pada Minggu (6/9/2020).

"Sistem kami secara otomatis mendeteksi dan menandai klip ini karena melanggar kebijakan kami terhadap konten yang menampilkan, memuji, mengagungkan, atau mendorong bunuh diri," ujar juru bicara TikTok, seperti dikutip dari The Verge pada Rabu (9/9/2020).

Baca Juga: Jakob Oetama Meninggal Dunia, Begini Cuitan Netizen di Twitter

"Kami melarang akun yang berulang kali mencoba mengupload klip dan kami menghargai anggota komunitas kami yang telah melaporkan konten dan memperingatkan orang lain agar tidak menonton, terlibat, atau membagikan video semacam itu di platform apa pun untuk menghormati orang tersebut dan keluarganya,” tambah juru bicara TikTok, seperti dikutip dari The Verge pada Rabu (9/9/2020).

Jenis video ini telah muncul sebelumnya di situs lain termasuk Facebook, Instagram, dan Reddit. Karena video TikTok dimunculkan ke dalam satu feed utama yang digilir orang, akan lebih sulit untuk menghindari rekaman tersebut.

Peringatan juga mulai bermunculan di Instagram tempat video tersebut beredar. Di situs seperti Twitter, orang tua telah membicarakan tentang anak-anak dan remaja mereka yang melihat video tersebut.

Baca Juga: LA Lakers Raih Kemenangan atas Houston Rockets

"Jika ada orang di komunitas kami yang bergumul dengan pikiran untuk bunuh diri atau prihatin tentang seseorang, kami mendorong mereka untuk mencari dukungan, dan kami menyediakan akses ke hotline langsung dari aplikasi kami dan di Pusat Keamanan kami," ujar juru bicara Tiktok, seperti dikutip dari The Verge pada Rabu (9/9/2020).***

Editor: Sunti Melati

Sumber: The Verge


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x