4 Fakta BLT Rp 600 Ribu yang Batal Cair Hari Ini

- 25 Agustus 2020, 11:20 WIB
Ilustrasi BLT
Ilustrasi BLT /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya

  KABAR JOGLOSEMAR - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyampaikan permintaan maafnya lantaran BLT Rp 600 ribu yang sejatinya akan dicairkan pada Selasa, 25 Agustus 2020 ini tertunda.

Mau tak mau, para pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta mesti bersabar menanti kembali waktu pencairan.

Berikut ini sejumlah fakta batalnya pencairan BLT Rp 600 ribu bagi pekerja.

Baca Juga: BLT Rp 600 Ribu untuk Pekerja Batal Cair Hari Ini

1. Masih lakukan penyesuaian data

Ida Fauziyah mengungkapkan alasan dibalik telatnya oencairan tersebut karena pihaknya masih membutuhkan penyesuaian data para penerima yang sebelumnya sudah divalidasi oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Proses penyesuaian data tersebut menurutnya memakan waktu paling lama 4 hari. Adapun saat ini sudah ada 2,5 juta data pekerja diserahkan ke Kemnaker.

2. Dijanjikan akhir Agustus

Pencairan BLT tersebut akan dolakukan dengan prosedur bertahap dimana pencairan tahap pertama untuk bantuan selama 2 bulan yang ditotal sebesar Rp 1,2 juta akan dicairkan sekitar akhir bulan Agustus ini.

"Kami merencanakan batch pertama 2,5 juta (pekerja), mudah-mudahan, 2,5 juta itu minimal per Minggu bisa kami lakukan sehingga dari 15,7 juta itu bisa masuk datanya pada akhir September 2020 ini untuk pembayaran tahap pertama. Kami butuh waktu 2,5 juta itu bukan angka yang sedikit. Kami memang menargetkan bisa dilakukan transfer itu dimulai dari akhir bulan Agustus ini," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam video virtual, Senin (24/8/2020).

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x