Selain Indonesia, 7 Negara Ini Juga Pernah Dijajah Sebelum Merdeka

- 16 Agustus 2020, 12:21 WIB
Bendera Indonesia.
Bendera Indonesia. /PIXABAY/Mufid Majnun

KABAR JOGLOSEMAR - Penjajahan adalah masa kelam bagi Negara Indonesia. Mengalami penjajahan selama lebih dari tiga abad, akhirnya Indonesia dapat merdeka.

Namun, apakah hanya Negara Indonesia yang mengalami masa penjajahan? Nyatanya ada beberapa negara lain yang juga harus mengalami pahitnya penjajahan

Baca Juga: Pentagon Bentuk Divisi Baru untuk Penyelidikan UFO

Berikut adalah tujuh negara lain yang pernah mengalami penjajahan.

  1. Brunei Darussalam

Merdeka pada tanggal 1 Januari 1984, ternyata Brunei Darussalam pernah dijajah oleh Inggris. Negara ini termasuk dalam wilayah Asia Tenggara dan bagian utaranya berbatasan langsung dengan perairan Tiongkok.

  1. India

Terkenal dengan jumlah penduduknya yang banyak, India juga pernah mengalami penjajahan. India merdeka pada tanggal 15 Agustus 1947 dari penjajahan Inggris, Prancis, dan Portugis.

  1. Filipina

Negara Filipina merdeka pada tanggal 4 Juli 1946 setelah dijajah oleh Spanyol, Filipina, dan Jepang. Negara yang terletak di sebelah utara Indonesia ini mengalami penjajahan dari tahun 1565.

Baca Juga: 20 Negara Telah Berniat Membeli Vaksin Rusia

  1. Kamboja

Termasuk dalam perkumpulan ASEAN, Negara Kamboja pernah dijajah oleh Prancis. Negara yang berbatasan langsung dengan Thailand, Laos, dan Vietnam ini merdeka pada tanggal 9 November 1953.

  1. Vietnam

Vietnam adalah negara dengan pertumbuhan keuangan tercepat di Asia Tenggara. Merdeka pada tanggal 2 September 1945, ternyata Negara Vietnam pernah dijajah Prancis.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x