Dipimpin Mahfud MD, Pemerintah Bentuk Tim Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan

- 3 Oktober 2022, 22:21 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD.
Menkopolhukam Mahfud MD. /Instagram/@mohmahfudmd

KABAR JOGLOSEMAR - Baru-baru ini, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengumumkan bahwa pemerintah akan membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk menginvestigasi tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Pembentukan ini sesuai dengan instruksi dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang disampaikan melalui jumpa pers, kemarin Minggu (2/10).

Baca Juga: Ratusan Orang Jadi Korban, Ini Fakta Dalam Tragedi di Stadion Kanjuruhan

"Untuk mengungkap kasus atau peristiwa Kanjuruhan yang terjadi pada tanggal 1 Oktober 2022, maka pemerintah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta atau TGIPF," ungkap Mahfud dikutip KabarJoglosemar.com.

TGIPF itu sendiri akan dipimpin langsung oleh dirinya selaku Menko Polhukam, dan beranggotakan sejumlah kepala lembaga negara terkait serta organisasi profesi, pengamat, hingga akademisi persepakbolaan, dan juga media massa.

"Nanti akan diumumkan secepatnya. Itu yang tugasnya kira-kira akan selesai atau diupayakan selesai dalam dua atau tiga minggu ke depan," ujarnya.

Lebih lanjut, Mahfud memastikan TGIPF akan bekerja semaksimal mungkin untuk mengungkap tuntas sebab tragedi di stadion Kanjuruhan tersebut.

Baca Juga: Najwa Shihab Singgung Evaluasi dan Tanggung Jawab PSSI Atas Kerusuhan Kanjuruhan Malang

"Sekarang yang kita kerjakan oleh tim (TGIPF) dan keputusannya adalah untuk cabang olahraga sepak bola, bukan cabang olahraga yang lain. Karena cabang olahraga lain secara umum dapat kita katakan baik-baik saja," tuturnya.

Halaman:

Editor: Ayusandra A S A


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x