Gunung Merapi Luncurkan Guguran Lava Pijar Hari Ini

- 5 Agustus 2022, 20:48 WIB
Tangkapan layar Gunung Merapi luncurkan guguran lava pijar
Tangkapan layar Gunung Merapi luncurkan guguran lava pijar /Instagram @mountnesia

KABAR JOGLOSEMAR - Jagat maya kembali dihebohkan dengan video terbaru Gunung Merapi yang kembali mengeluarkan lava pijar.

Dalam video tersebut, Gunung Merapi mengeluarkan beberapa  kali guguran lava dengan jarak luncur maksimal 1.800 meter ke arah barat daya, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga: Sederet Fakta Mengenai Kejadian Remaja Ternate Diterkam Buaya di Danau Tolire

Guguran lava pijar itu terlihat jelas secara kasat mata dan terekam kamera milik seorang warga yang kini videonya viral di media sosial.

Kejadian tersebut kemudian dilakukan pengamatan selama enam jam oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi ( BPPTKG ) mulai pukul 00.00-06.00 WIB.

Melansir dari berbagai sumber, Kepala BPPTKG , Agus Budi S mengatakan, secara meteorologi, cuaca cerah dan berawan. Namun gempa guguran terjadi sebanyak 18 kali dengan amplitudo 3-21 mm berdurasi 29,2-224,3 detik.

Sementara hembusan terjadi sebanyak 4 kali dengan amplitudo 3 mm berdurasi 6,1-11,7 detik dan Hybrid/fase banyak terjadi sebanyak 3 kali dengan amplitudo 3-42 mm, S-P : 0.5-0.6 detik, berdurasi 6-8.8 detik.

Agus membeberkan bahwa Gunung Merapi saat ini berstatus siaga dengan ancaman bahaya saat ini berupa lontaran material, akibat awan panas guguran dan guguran lava sejauh tujuh kilometer pada sisi Barat Daya hingga Selatan.

Baca Juga: Film Pengabdi Setan 2 Communion Raih 500 Ribu Penonton di Hari Pertama Tayang

Halaman:

Editor: Michael L W


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x