2 Contoh Pemuaian Benda karena Perubahan Suhu dalam Kehidupan Sehari-hari, Kunci Jawaban Kelas 5 SD

- 18 Januari 2022, 08:12 WIB
Kunci Jawaban Benda yang memuai, kelas 5 SD MI
Kunci Jawaban Benda yang memuai, kelas 5 SD MI /Pixabay/ Gábor Adonyi

KABAR JOGLOSEMAR - Murid kelas 5 SD MI belajar tentan suhu dan kalor kemudian diminta untuk menyebutkan 2 contoh pemuaian benda karena perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari.

Pembahasan dan kunci jawaban pada artikel ini dikutip dari Sri Budiarti, S.Pd., lulusan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Sebelumnya, murid bisa bertanya pada orang tua apa saja kemungkinan benda-benda di sekitar yang bisa memuai atau mengalami pemuaian.

Baca Juga: Manfaat Keberagaman Sosial Budaya di Kelas Apa Saja? Kunci Jawaban Kelas 5 SD

Contoh yang sering ditemui adalah air mendidih saat dipanaskan di atas kompor. Semakin besar api kompor maka air akan cepat mendidih.

Hal ini adalah contoh adanya energi panas dari api menyebabkan air mendidih. Dan jika air dibiarkan di atas kompor maka air akan berkurang dan lama kelamaan habis karena memuai.

Selain itu, seringkali saat memasak mie instan dan menuang kuah mie panas ke dalam mangkok, tiba-tiba mangkok kaca retak.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 SD: Contoh Kegiatan, Alat yang Digunakan dan Sumber Kalor

Hal itu terjadi karena pemuaian yang tidak merata pada permukaan mangkok kaca. Terlebih, jika mangkok dalam keadaan lembab dan kuah yang dituang baru saja mendidih.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x