Meski Ada Penurunan Kasus Aktif, Satgas Covid-19 Antisipasi Lonjakan Kasus di Akhir Tahun 2021

- 1 September 2021, 12:19 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito /YouTube/Sekretariat Presiden

KABAR JOGLOSEMAR - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan sudah mulai ada antipasi lonjakan kasus Covid-19 jelang akhir tahun 2021.

Pertimbangannya, ada event Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 dan libur akhir tahun 2021.

"Kita juga harus mulai mengantisipasi lonjakan kasus yang berpotensi terjadi akibat dari beberapa kegiatan spesifik seperti perhelatan PON dan libur panjang di bulan Desember," kata Wiku dalam konferensi pers, Selasa 31 Agustus 2021.

Baca Juga: Trailer Ikatan Cinta 1 September 2021: Aldebaran Minta Perketat Keamanan Rumah, Nino Jatuh Hati

Menurutnya penting dilakukan antisipasi sejak dini terkait lonjakan kasus Covid-19 di tanah air. Wiku menyebutkan antipasi perlu dilakukan guna memastikan masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan secara produktif dan aman dari Covid-19.

"Upaya penanganan ini juga akan menjadi kontribusi kita dalam usaha menurunkan status penularan Covid-19 di dunia," jelas Wiku.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah pendudukan ke-4 terbesar di dunia. Sehingga Indonesia turut berperan penting dalam usaha mengubah pandemi menjadi endemi.

Baca Juga: Selain Covid-19, IDI Ingatkan Ada Penyakit Infeksi Jelang Musim Hujan Ada Demam Berdarah hingga HIV

Wiku menjelaskan pemerintah sedang melakukan penguatan strategi di hulu yang berfokus pada strategi defensif dan ofensif. Pertama meningkatkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan 3M.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x