Jubir Vaksinasi Kemenkes: Varian Delta Mendominasi, Persebaran Hampir Merata di Indonesia

- 1 Agustus 2021, 16:31 WIB
Ilustrasi virus Corona
Ilustrasi virus Corona /Pixabay/visuals3Dde

KABAR JOGLOSEMAR - Penularan Covid-19 terus terjadi dan didominasi varian Delta. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyampaikan bahwa varian Delta sudah hampir menyebar ke seluruh daerah di Indonesia.

“Varian Delta mendominasi 86 persen spesimen yang dilakukan sequencing dalam 60 hari terakhir, berasal dari 24 provinsi, sehingga dapat dikatakan persebaran ini hampir merata di seluruh Indonesia,” ungkapnya dalam keterangan tertulis pada Minggu, 1 Agustus 2021.

Ia menambahkan bahwa jejaring laboratorium genomic sequencing atau metode pengurutan genom untuk memetakan mutasi virus di bawah komando Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan berupaya untuk menelusuri pola persebaran varian virus Covid-19 di tanah air.

Baca Juga: Bantuan Anak Sekolah dan Mahasiswa dari Menparekraf Mulai Disalurkan, Sudah Ada 116.428 Pendaftar

Nadia menjelaskan sejak awal tahun hingga 28 Juli 2021, Indonesia sudah melaporkan 3.651 hasil pengurutan genom ke dalam database global. Hasilnya ada 3 varian virus Corona berbahaya yang harus diwaspadai, yakni Delta, Alfa, dan Beta.

Menurutnya, penularan varian yang baru di Indonesia masih tinggi sehingga perlu berhati-hati.

Demi menekan penyebaran Covid-19, pemerintah telah menggalakkan testing dan tracing. Selain itu, program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat juga terus digalakkan.

“Vaksinasi juga mengurangi risiko tertular, menderita sakit berat, bahkan risiko kematian dari pasien yang terjangkit Covid-19,” jelas Nadia.

Baca Juga: Daftar BPUM 2021 Surakarta, Lengkap 4 Dokumen Ini dan Klik Link Resmi yang Tersedia

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x