DIY Miliki 51 Shelter Berkapasitas 2.431 Orang untuk Isolasi Mandiri

- 26 Juli 2021, 21:03 WIB
Ilustrasi shelter isolasi mandiri
Ilustrasi shelter isolasi mandiri /Pixabay/congerdesign

KABAR JOGLOSEMAR - Sampai saat ini DIY yang bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota, pihak swasta dan perguruan tinggi memiliki 51 shelter untuk pasien COVID-19 bergejala ringan maupun orang tanpa gejala (OTG) melaksanakan isolasi mandiri (isoman).

Sampai Minggu, 25 Juli 2021 tingkat keterisian shelter tersebut sudah mencapai 46,03 persen atau 1.119 orang. Shelter-shelter tersebut tersebr di 5 kabupaten/kota.

Baca Juga: DO EXO Ungkap Alasan Pemilihan Judul Mini Album ‘Empathy’

Menurut Wakil Gubernur DIY Paku Alam X, dari 51 shelter, sebanyak 16 shelter di antaranya merupakan shelter dari Pemda DIY yang sudah aktif. Ketersediaan shelter tersebut perlu diimbangi dengan langkah strategis pendampingan isolasi mandiri.

Wagub DIY Paku Alam X yang dikutip Kabar Joglosemar dari Humas Pemda DIY pada Senin, 26 Juli 2021, mengatakan, keberadaan shelter ini juga untuk memudahkan tracing. Dan saat ini, Pemda DIY melakukan tracing digital melalui Sistem Informasi Pelacakan (SILACAK) yang dikoordinasi oleh TNI melalui Babinsa dan Babinkamtibmas.

Menurut Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, tracing digital lebih baik karena kondisi yang terkonfirmasi positif baik di shelter pusat maupun rumah-rumah bisa diketahui.

Dikatakan, tracing digital bisa menjadi sarana bagi Dinas Kesehatan atau nakes-nakes untu mengetahui secara persis kondisi pasien yang isolasi terpusat maupun mandiri.

Baca Juga: Aturan Baru PPKM soal Makan di Warung 20 Menit, Apakah Cukup?

Dalam Rapat Koordinasi Isolasi Terpusat Testing dan Tracing yang dipimpin Menko Maritim dan Investasi RI Luhut Panjaitan di Gedhong Pracimosono, Minggu 25 Juli 2021, Wagub DIY mengatakan, dengan ketersediaan shelter ini harus diimbangi dengan langkah strategis pendampingan isoman.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X