5,9 Juta Keluarga Terdampak Pandemi Dapat Bantuan dari Kemensos Total Rp 7 Triliun Lebih

- 21 Juli 2021, 20:27 WIB
Ilustrasi bantuan tunai Rp600 ribu atau BST yang cair pada masa PPKM Darurat
Ilustrasi bantuan tunai Rp600 ribu atau BST yang cair pada masa PPKM Darurat /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya

KABAR JOGLOSEMAR - Untuk menindaklanjuti permintaan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial, Kementerian Sosial (Kemensos) akan segera menyalurkan berbagai bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Salah satu bantuan sosial yang akan diberikan kepada 5,9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total anggaran Rp 7,08 triliun. Masing-masing KPM menerima Rp 200.000 per bulan yang diberikan selama 6 bulan mulai bulan Juli hingg Desember 2021.

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Usaha Mikro Informal Dapat Insentif Rp 1,2 Juta

Dikutip Kabar Joglosemar dari laman pkh.kemensos.go.id yang diunggah hari Selasa, 20 Juli 2021, Mensos Tri Rismaharini mengatakan bahwa ini merupakan program bansos terbaru. Dengan demikian, 5,9 juta KPM tersebut merupakan keluarga yang baru menerima bansos.

“Mereka merupakan penerima bansos yang sama sekali baru. Ini merupakan data dari pemerintah daerah. Masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp200 ribu/KPM selama Juli-Desember 2021,” kata Mensos Risma Tri Rismaharini.

Dikatakan, Kemensos sudah menyusun berbagai program bantuan sosial (bansos) guna mengurangi dampak kebijakan PPKM Darurat.

Karena itu, Mensos Tri Rismaharani meminta masyarakat agar tetap tenang, sebab pada masa kedaruratan pandemi COVID-19 pemerintah menyalurkan bantuan cukup beragam bagi masyarakat.

Menurut Mensos Tri Rismaharini, Kemensos mengalokasikan anggaran Rp 7,08 triliun untuk bansos bagi 5,9 juta KPM tersebut.

Baca Juga: Walikota Solo, Gibran Rakabuming Umumkan Sembuh dari Covid-19

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x