Catat, Ini Prosedur Isolasi Mandiri di Rumah yang Baik dan Benar

- 16 Juli 2021, 19:50 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri.
Ilustrasi isolasi mandiri. /Pixabay/maryTs

KABAR JOGLOSEMAR - Meningkatnya kasus positif virus corona dalam sepekan terakhir membuat daya tampung rumah sakit dan fasilitas kesehatan penuh.

Sehingga yang bisa diterima di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya hanya pasien yang sakit berat, sedangkan bergejala ringan dan tanpa gejala cukup isolasi mandiri.

Namun, ada pasien terkonfirmasi positif yang melakukan isolasi mandiri justru meninggal dunia karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang prosedur atau tatacara yang harus dilakukan pasien selama menjalankan isolasi mandiri.

Baca Juga: Viral Video Wanita Joget TikTok di Depan TNI Demi Konten, Tuai Kecaman Publik

Karena itu, Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 meminta agar masyarakat yang positif virus corona yang tidak bergejala atau bergejala ringan perlu melakukan isolasi mandiri secara baik dan benar.

Selain itu, anggota keluarga yang melakukan kontak erat dengan pasien COVID-19 segera melakukan tindakan sedini mungkin.

Dikutip Kabar Joglosemar dari laman covid19.go.id pada Jumat, 16 Juli 2021, Wiku Hadisasmito mengatakan bahwa bagi mereka yang melakukan isolasi mandiri di rumah maupun di tempat isolasi terpusat perlu memperhatikan prosedur isolasi mandiri yang baik dan benar.

Wiku Adisasmito secara rinci memberikan tips prosedur isolasi mandiri di rumah, yakni :

1. menyiapkan stok obat-obatan dasar seperti vitamin C, D, ZN (zinc) atau jenis obat-obatan lain sesuai anjuran dokter.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani

Sumber: covid19.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x