Mulai 17 Agustus 2021 TV Analog Beralih ke TV Digital, Begini Kata Roy Suryo

- 14 Juli 2021, 16:32 WIB
Pakar Telematika Roy Suryo mengenang Harmoko
Pakar Telematika Roy Suryo mengenang Harmoko /Twitter.com/@KRMTRoySuryo2
 

 

KABAR JOGLOSEMAR - Secara bertahap pemerintah akan mengalihkan TV Analog ke TV Digital. Tahap pertama akan dimulai pada 17 Agustus 2021 dan tahap kedua atau terakhir dimulai pada 2 November 2021.

Pakar telematika Roy Suryo pun memberikan tanggapan terkait hal ini.

Menurut Roy Suryo, dengan beralih atau migrasi ke TV Digital maka TV Analog sudah tidak bisa lagi menerima DVB-T2 (Digital Video Brodcast Gen 2).

Baca Juga: Kata RM BTS soal Pandemi Corona

Dan sayangnya rencana peralihan itu belum disosialisasikan secara maksimal oleh Kementerian Kominfo sehingga masih banyak masyarakat yang belum tahu dan paham tentang peralihan TV Analog ke TV Digital.

"Dijadwalkan Tahap I 17/08/21 besok & Tahap Terakhir 02/11/22 utk ASO (Analog Switch Off) alias TV Analog sdh tdk bisa lagi menerima DVB-T2 (Digital Video Broadcast Gen 2). Sayangnya Kominfo tampak gamang, blm ada Spoke Person yg Pas, Kredibel & Dipercaya Rakyat soal ini. AMBYAR!," cuit Roy Suryo dalam akun Twitternya @KRMTRoySuryo2 yang juga dikirim kepada Kabar Joglosemar pada Selasa, 13 Juli 2021 malam.

Menurut Roy Suryo, ia menyampaikan hal ini sebagai bentuk kepeduliannya terhadap proses migras TV Analog ke TV Digital karena ia mendapat banyak pertanyaan dari masyarakat yang sama sekali belum tersosialisasikan dengan baik tentang beda, manfaat apalagi teknis TV Analog vs TV Digital.

Baca Juga: Dokter Lois Bebas, dr Titra Sebut Dirinya Sebagai Cepu Polisi

"Pemerintah tidak boleh abai, waktunya sebulan lagi," kata Roy Suryo.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Twitter @KRMTRoySuryo2


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x