Korea Utara Tolak Vaksin AstraZeneca

- 14 Juli 2021, 10:15 WIB
Presiden Korea Utara, Kim Jong Un
Presiden Korea Utara, Kim Jong Un /Instagram/@kimjongun_official_dprk

KABAR JOGLOSEMAR- Meski tercatat belum pernah melaporkan kasus Covid-19 di negaranya, namun sejumlah negara menawarkan kerjasama untuk memberikan vaksin AstraZeneca pada Korea Utara. Namun hal ini ditolak oleh Presiden Korea Utara, Kim Jong Un.

Menurut salah satu lembaga analis dari Korea Selatan, Korea Utara menolak vaksin itu karena khawatir dengan efek samping AstraZeneca seperti pembekuan darah.

Persentase efek samping itu memang kecil, tetapi berdampak serius pada sejumlah orang.

Baca Juga: Update 25 Titik Penyekatan di Jogja Selama PPKM Darurat

Berdasarkan laporan Institut Nasional Strategi Keamanan (INSS) yang berafiliasi dengan badan intelijen Korea Selatan, Korea Utara tengah mencari opsi vaksin lain.

Laporan tersebut juga menyatakan Korea Utara tidak tertarik dengan vaksin Covid-19 yang diproduksi China. Mereka khawatir vaksin yang diproduksi Negeri Tirai Bambu itu tidak begitu efektif melawan Covid-19.

Sejauh ini negara yang dipimpin Kim Jong Un itu tertarik dengan vaksin Sputnik V yang diproduksi Rusia. Namun, mereka berharap bisa mendapatkan vaksin tersebut lewat sumbangan.

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Pelaku Usaha Perhotelan Siap-Siap Hadapi Tsunami Kebangkrutan

"Mereka ini condong ke vaksin yang diproduksi Rusia, namun belum ada kesepakatan," kata Direktur Penelitian Strategis INSS, Lee Sang-keun.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x