Corona Melonjak Pasokan Tabung Oksigen Menipis, Pemerintah Buka Opsi Impor Tabung Oksigen ? 

- 5 Juli 2021, 08:20 WIB
lustrasi tabung oksigen/ /
lustrasi tabung oksigen/ / /pixabay/Saurabhnj

KABAR JOGLOSEMAR - Lonjakan corona beberapa hari terakhir membuat pasokan tabung gas oksigen semakin menipis. Melihat hal ini pemerintah berencana akan membuka opsi impor oksigen. 

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Jubir Menko Marves), Jodi Mahardi mengatakan, keputusan tersebut akan diambil dengan mempertimbangkan ketersediaan oksigen dalam negeri yang saat ini kian terbatas. 

"Kita menyadari ketersediaan oksigen terbatas, maka dari itu pemerintah akan terus mengusahakan dan mencari jumlah oksigen secara maksimal dengan berbagai cara, baik di industri lokal maupun menyiapkan opsi impor," jelas Jodi.

Baca Juga: Paus Fransiskus Dibawa ke Rumah Sakit untuk Jalani Operasi Usus Besar

Seperti diketahui, seiring dengan lonjakan kasus Covid-19 dalam dua pekan terakhir, ketersediaan oksigen di pasaran kian menipis.

Bahkan, beberapa rumah sakit pun mengalami keterlambatan pasokan oksigen yang berakibat fatal bagi pasien Covid-19.

Jodi  menjelaskan, terkait obat-obatan dan alat kesehatan yang kian dibutuhkan di masa PPKM, saat ini pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), serta Badan Pengawas Obat dan Makanan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan nasional.

Baca Juga: Nyatakan Perang Jika Masjid Ditutup Karena Pandemi, Pengacara di Situbondo Akhirnya Diperiksa

Hal tersebut dilakukan dengan terus meningkatkan kapasitas produksi industri farmasi dan alat kesehatan di dalam negeri.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x