Plengkung Gading Yogyakarta kini Dipagari Pengaman

- 1 Juli 2021, 12:54 WIB
Wajah kekinian Plengkung Gading sisi dalam dengan pagar pengaman, Selasa (29/6/2021)
Wajah kekinian Plengkung Gading sisi dalam dengan pagar pengaman, Selasa (29/6/2021) /Kabar Joglosemar/Tedy Kartyadi
 

KABAR JOGLOSEMAR - Plengkung Nirbaya atau juga sering disebut plengkung Gading merupakan salah satu dari 5 plengkung yang ada dari bagian Benteng Baluwerti Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Bangunan heritage milik kraton ini masih tampak asli berupa lorong atau plengkung, letaknya di sebelah selatan Alun-alun Kidul (Alkid), Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Sukses Menghibur! Sinetron Ikatan Cinta Dapat Penghargaan Ini dari Menko Perekonomian

Dari 5 plengkung gambaran asli seperti kali pertama dibangun tahun 1785 ini tinggal dua, Plengkung Nirbaya atau Plengkung Gading dan Plengkung Tarunasura atau lebih dikenal dengan sebutan Plengkung Wijilan.

Sedangkan 3 plengkung yang lainnya hanya berbentuk semacam gapura, akibat hancur dijaman perang melawan kumpeni dari Belanda.

Plengkung Gading bisa dikatakan yang paling istimewa dari keutuhan bentuknya, masih tampak bekas slot daun pintunya, serta sebagian ruas Benteng Baluwerti yang membujur ke timur hingga pojok wetan (pojok timur/ selatan).

Baca Juga: Yuni Shara Temani Anak Nonton Film Porno Disorot Media Internasional, Begini Pro Kontra Netizen Luar Negeri

Di bagian luar plengkung juga masih tampak bekas jagang atau kolam yang dahulunya kolam itu mengitari tembok banteng keseluruhan.

Bisa dibayangkan seperti film-film kerajaan Romawi, setiap yang masuk ke dalam banteng melalui jembatan yang dapat diangkat.

Namun sayang karena ulah oknum pengunjung, kekinian Plengkung Gading diberi pagar pengaman sehingga wisatawan yang berkunjung sudah tidak dapat bebas naik dari tangga menuju ke atas plengkung.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x