Pahami Pengertian Sholat Taubat dan Tata Caranya

- 30 Juni 2021, 18:13 WIB
Ilustrasi sholat
Ilustrasi sholat /pexels.com/Michael Burrow

KABAR JOGLOSEMAR- Sholat taubat merupakan sholat sunnah yang berfungsi sebagai sarana untuk bertaubat kepada Allah atas dosa-dosa yang lalu dan berjanji untuk tidak mengulanginya.

Tentu sudah banyak orang mengetahui bahwa manusia merupakan tempatnya lupa dan khilaf, bahkan manusia pertama di bumi yakni Nabi Adam as pernah melakukan kesalahan sehingga diturun di bumi dari surga.

Baca Juga: Viral Video Motor Dikemudikan Pakai Remote Control, Netizen: Tesla Menangis Melihat Ini

“Dan Kami berfirman: “Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim. Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: “Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan”. Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS Al Baqoroh: 35-37).

Taubat Nasuha

Taubat nasuha adalah taubat yang sempurna dan dilakukan maksimal. Orang yang bertaubat nasuha tidak akan bermaksiat lagi dan taat kepada Allah.

Baca Juga: Ada Seungri eks BIGBANG, Ini 5 Skandal yang Menimpa Artis YG Entertainment

Allah Ta’ala berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. At Tahrim: 8).

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x