Penjelasan BMKG Soal Gempa 5,1 Mw di Gunungkidul, Jogja

- 28 Juni 2021, 06:42 WIB
Gempa mengguncang Gunungkidul, Jogja dimutakhirkan menjadi  5,1 Mw pada Senin, 28 Juni 2021 pagi
Gempa mengguncang Gunungkidul, Jogja dimutakhirkan menjadi 5,1 Mw pada Senin, 28 Juni 2021 pagi /BMKG

KABAR JOGLOSEMAR - Gempa 5,6 magnitudo mengguncang Gunungkidul, Jogja pada Senin, 28 Juni 2021. Berdasarkan data Info BMKG, guncangan sempat terasa hingga wilayah Purworejo, Trenggalek, Blitar, dan Nganjuk.

BMKG melakukan pemutakhiran kekuatan gempa yang terjadi di Gunungkidul. Semula kekuatan gempa diinformasikan sebesar 5,3 M dan kini dimutakhirkan menjadi 5,1 Mw.

Setelah dimutakhirkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,56 LS dan 110,58 BT.

Lokasi gempa berada di laut pada jarak 66 kilometer arah Selatan Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Jogja pada kedalaman 61 kilometer.

Baca Juga: Gempa Gunungkidul, Jogja Magnitudo 5,3 Terasa hingga Pos Pengamatan Gunung Merapi

"Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi selatan Yogyakarta ini berkekuatan M=5,3 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw=5,1," seperti dikutip Kabar Joglosemar dari Twitter milik Kepala Bidang Mitigasi, Gempa Bumi, dan Tsunami BMKG, Daryono pada Senin, 28 Juni 2021 pagi.

Pihaknya menyebut gempa tersebut termasuk jenis gempa menengah akibat adanya deformasi/patahan dalam Lempeng Indo-Australia yangg tersubduksi ke bawah Pulau Jawa.

Gempa ini memiliki mekanisme naik mendatar (oblique thrust fault). Gempa yang mengguncang Gunungkidul, Jogja ini dirasakan di sejumlah wilayah.

Baca Juga: Kasus Covid Semakin Menggila, dr. Tirta: Gak Akan Hilang dan Hanya Bisa Dikontrol

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Twitter @DaryonoBMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x