Paparkan Solusi Ketenagakerjaan di Tengah Pandemi, Sekjen Kemnaker: Perlu Inovasi dan Kolaborasi

- 26 Juni 2021, 21:02 WIB
/Instagram/@anwsanus

KABAR JOGLOSEMAR - Perubahan dari dunia pendidikan ke dunia kerja (Transition from Education to Work) di tengah pandemi yang melanda Indonesia dan negara lainnya dari forum G20 mengharuskan pemerintah mengkaji ulang masalah ketenagakerjaan warga negaranya.

Sekertaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi, hadir dalam pertemuan para menteri ketenagakerjaan anggota G20 (G20 Labour and Employment Ministers' Meeting/G20-LEMM) dan berbicara mengenai solusi terbaik untuk mengatasi berbagai masalah ketenagakerjaan di masing-masing perwalian negara yang hadir.

Baca Juga: Sinopsis Drama The Penthouse 3 Eps 4: Joo Dan Tae dan Yoo Dong Pil Memanas

"Pertemuan para menteri ketenagakerjaan G20 ini akan membahas solusi terbaik untuk mengatasi berbagai permasalahan ketenagakerjaan yang terjadi di masing-masing negara, sehingga hasilnya diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dunia," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi di Catania Senin 21 Juni waktu setempat yang dikutip dari Instagram @kemnaker. 

Dalam pertemuan tersebut, terdapat 3 isu yang menjadi bahasan utamanya terkait program dan kebijakan pemerintah, yaitu :

1. Penciptaan lapangan kerja yang lebih banyak, lebih baik, dan kesetaraan upah bagi pekerja perempuan.
2. Sistem perlindungan jaminan sosial dengan dunia kerja yang terus berubah.
3. Digital platform dan kerja jarak jauh (remote) yang berpusat pada manusia.

Baca Juga: Pria yang Ingin Jadi Pacar Luna Maya Harus Siap, Pengeluaran Setiap Bulan Capai Angka Ini...

Ketiga-tiganya, menurut Anwar menjadi suatu poin penting untuk dibahas sebagai cerminan kondisi lapangan yang faktual di masa ini dan menjawab tantangan di masa depan. Bahkan disampaikan pula olehnya jika akan dihasilkan dua deklarasi dari pertemuan tersebut. Yaitu deklarasi Menteri Ketenagakerjaan G20 dan deklarasi bersama Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendidikan G20.

Sebagai perwakilan Menteri Ketenagakerjaan Indonesia, Anwar mengemukakan bahwa persoalan transisi dari dunia pendidikan ke dunia pekerjaan bukan isu baru lagi.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x