Staf Menkeu Yustinus Prastowo: Tren Pemulihan Ekonomi Domestik Berlanjut

- 22 Juni 2021, 11:49 WIB
Stafsus Menteri Keuangan Sri Mulyani, Yustinus Prastowo.
Stafsus Menteri Keuangan Sri Mulyani, Yustinus Prastowo. /Antara/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/

KABAR JOGLOSEMAR - Staf Kemenkeu (Kementerian Keuangan) Yustinus Prastowo mengatakan tren pemulihan perekonomian global dan domestik Indonesia terus berlanjut.

Sementara tren positif pendapatan negara juga diharapkan tetap berlanjut dan kualitas belanja negara diperbaiki.

Semua ini menunjukkan bahwa manfaat stimulus fiskal dan peran penting APBN terus meningkat dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Sri Mulyani Ungkap Jumlah Anggaran Negara yang Dikeluarkan Pemerintah Untuk Hadapi COVID-19

Sementara postur realisasi APBN pada Mei 2021 mengindikasikan pemulihan ekonomi terus berlanjut dibanding kondisi serupa Mei 2020 yang mengalami kontraksi.

"Indikatornya pendapatan danbelanja negara tumbuh masing-masing 9,3 persen & 12,2 persen yoy. Sementara penyaluran TKDD (Transfer ke Daerah dan Dana Desa) terus membaik dan SiLPA lebih kecil," kata Staf Menkeu Yustinus Prastowo dikutip Kabar Joglosemar dari akun Twitter @prastow pada Selasa, 22 Juni 2021.

Menurut Yustinus Prastowo, indikasi lain yang menunjukkan tren ekonom mulai pulih adalah PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) mengalami peningkatan di sektor SDA Non-Migas yang tumbuh 48,4 persen.

Baca Juga: Cek Daftar Diskon Pajak yang Diperpanjang hingga Akhir Tahun 2021

Sementara PNBP dari BLU mengalami kenaikan signifikan di angka 126,8 persen diakselerasi dari pengelolaan dana komoditas kelapa sawit. Sedangkan PNBP lainnya tumbuh 37,3 persen.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x