22 Juni 2021 Peringatan DKI Jakarta ke 494 tahun, Mengulik Peristiwa Sejarah Hari Lahir Kota Jakarta

- 22 Juni 2021, 10:56 WIB
Peringatan HUT Jakarta ke 494/
Peringatan HUT Jakarta ke 494/ /instagram.com@jktshootandgram

KABAR JOGLOSEMAR- Hari ini, Selasa (22/6/21) diperingati sebagai hari ulang tahun kota Jakarta. Tahun ini DKI Jakarta memasuki usia 494 tahun. 

Di ulang tahunnya yang ke-494 ini, Ibu Kota Jakarta mengangkat tema "Jakarta Bangkit." Menurut Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, tema tersebut mengangkat pesan semangat, optimisme, serta harapan kebangkitan Jakarta yang lebih baik daripada masa sebelum Pandemi.

"Tahun lalu, kita dalam masa ujian dan tantangan yang relatif baru, karena baru kali ini kita berhadapan dengan wabah, jadi tahun kemarin kita ambil tema tangguh, kita tengok ke belakang bahwa tahun kemarin semua kegiatan landai baik ekonomi, sosial dan budaya, sehingga kalau diilustrasikan kurvanya menurun," terang Anies.

Baca Juga: Memprihatinkan, Ratusan Anak di DKI Jakarta Terpapar Covid-19

Peristiwa Sejarah Dibalik Hari Lahir DKI Jakarta

Lebih dari 400 tahun lalu, tahun 1527, pasukan Demak-Cirebon yang dipimpin oleh Fatahillah berhasil mengusir Portugis dari Jakarta, yang saat itu masih bernama Sunda Kelapa.

Pasca kemenangan pasukan Fatahillah, nama Sunda Kelapa kemudian diganti menjadi Jayakarta.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Jakarta.go.id kata "Jayakarta" diilhami dari Surat Al Fath ayat 1, tentang yang berbunyi "Sesungguhnya Kami telah memberi kemenangan padamu, kemenangan yang tegas."

Baca Juga: Lulu Tobing Gugat Cerai Suami, Pengadilan Agama Jakarta Pusat Beberkan Rencana Sidang Lanjutan

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X