Pemda DIY Dukung Inisiasi Vaksinasi Massal Bagi 50 Ribu Pelaku UMKM di Jogja

- 20 Juni 2021, 11:10 WIB
Program vaksinasi massal di Jogja menyasar ribuan pelaku UMKM dan sektor formal
Program vaksinasi massal di Jogja menyasar ribuan pelaku UMKM dan sektor formal /Dok Birgita

KABAR JOGLOSEMAR - Sebagai langkah percepatan pemulihan dampak pandemi Covid-19 di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta baik di sektor kesehatan maupun perekonomian, vaksinasi Covid-19 menjadi pilihan.

Total sebanyak 50 ribu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan juga pihak sektor formal karyawna perusahaan diikut sertakan dalam vaksinasi masaal.

Pelaksanaan vaksinasi massal ini dilakukan secara bertahap dengan sistem kuota dimana masing-masing terbagi sebanyak 25 ribu yang mendapat suntikan pertama bertahap mulai Minggu, 20 Juni 2021 hingga 24 Juni. Kemudian disusul dengan kloter berikutnya sejumlah 25 ribu watga pada bulan Juli mendatang.

Baca Juga: Informasi 4 Rumah Sakit Layani Vaksinasi Covid-19 Gratis di Yogyakarta, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Keanggotaan KADIN DIY, Robby Kusumaharta memaparkan bahwa program KADIN DIY ini selain menjadi langkah mendukung pemerintah dalam hal penyaluran vaksinasi Covid-19, juga jadi upaya untuk pemulihan ekonomi.

Dirinya tak menampik jumlah UMKM yang sangat banyak di DIY ditambah dengan ketersediaan vaksin yang menjangkau keseluruhan menjadi salah satu hal yang tengah diupayakan KADIN DIY.

"Kalau jumlah di jogja ada 235 ribu UMKM tapi justru itu jadi kegelisahan kami dari KADIN. Jumlahnya besar tapi ketersediaan vaksin terbatas. Kemudian di Jogja basis persoalan kita selain kesehatan juga bagaimana ekonomi agar berjalan," ujar Robby saat ditemui di JEC pada Minggu, 20 Juni 2021.

Baca Juga: Sultan HB X Pertimbangkan Lockdown, Pemkot Jogja: Ini Warning Keras

"Dalam konteks (pelaksanaan vaksinasi) ini merupakan penguatan UMKM karena UMKM kita terkena dampak pandemi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x