2-4 Pekan ke Depan RI Akan Kolaps Jika Lonjakan Covid-19 Tak Cepat Ditangani

- 18 Juni 2021, 07:16 WIB
Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19 /Pixabay/cromaconceptovisual

KABAR JOGLOSEMAR - Lonjakan kasus Covid-19 dibeberapa daerah masih terus terjadi bahkan mengalami tren kenaikan. Hal ini jelas sangat mengkhawatirkan, Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI), Masdalina Pane memprediksi fasilitas kesehatan Indonesia akan kolaps dalam waktu dekat di tengah pandemi Covid-19.

Prediksi ini bisa saja terjadi apabila pemerintah tak lekas melakukan pengendalian dengan tepat terhadap pandemi virus corona yang terus mengalami lonjakan kasus dalam beberapa pekan terakhir.

"Jika tak ada containment, tidak ada pengendalian yang tepat dan cepat, saya bisa katakan dua minggu sampai satu bulan lagi kita sudah akan kolaps," terang Masdalina.

Baca Juga: Ini Link dan Cara Download Logo HUT ke-76 RI dengan Tema ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’

Masdalina mengungkapkan solusi lonjakan kasus Covid-19 ini kini tidak lagi berada di hilir, seperti penambahan kapasitas tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19.

Pada akhirnya, fasilitas kesehatan tidak akan pernah mampu menampung lonjakan pasien Covid-19 yang berpotensi terus bertambah.

Masdalina mendesak pemerintah agar memperkuat program telusur. Dengan menelusuri kontak pasien Covid-19, maka hasil yang diharapkan adalah masyarakat terjaring sebanyak-banyaknya dengan tanpa gejala hingga gejala ringan.

Selanjutnya kelompok orang tersebut bisa langsung menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan satgas desa yang terbentuk dalam posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Baca Juga: Ridwan Kamil Beberkan Perubahaan Kebiasaan Warga Jawa Barat Setelah Virus Corona Merebak

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyebut pihaknya sudah menyiapkan cadangan tempat tidur guna mengantisipasi krisis akibat lonjakan kasus pasca lebaran.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x