275 Orang Positif Covid-19 dari Klaster Lapas Narkotika di Sleman, Yogyakarta

- 14 Juni 2021, 16:07 WIB
Ilustrasi Covid-19, 275 Orang Positif Covid-19 dari Klater Lapas Narkotika
Ilustrasi Covid-19, 275 Orang Positif Covid-19 dari Klater Lapas Narkotika /Freepik

KABAR JOGLOSEMAR - Sebanyak ratusan narapidana terkonfirmasi positif Covid-19 di Lapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta di Pakem, Sleman. Ratusan orang tersebut disinyalir tertular dari petugas lapas yang sempat pulang kampung.

Diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo, total ada 275 orang di Lapas Narkotika yang dinyatakan positif Covid-19 pihaknya menjabarkan temuan orang yang positif Covid-19 merupakan warga binaan lapas dan juga petugas.

Adapun temuan ratusan orang postif Covid-19 di lapas itu sudah dikonfirmasi sebagai klaster baru.

Baca Juga: Sembako Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Tak Dikenakan PPN Beda Kalau Premium, Ini Bocoran Kemenkeu

"275 kasus ini 13 orang karyawan lapas sisanya warga binaan. Iya itu klaster," kata Joko Hastaryo pada Senin, 14 Juni 2021.

Pihaknya menjelaskan bahwa seorang petugas muoanya mengeluh sakit dan sempat periksa. Namun setelah diperiksa, rupanya petugas lapas tersebut positif Covid-19.

"Awal kasus lapas ada petugas di lapas mengeluh sakit, anosmia, lalu periksa mandiri, hasil positif. Temenya periksa juga, positif. Kasus pertama ada empat orang. Sipir ini sering berkontak dengan warga binaan," katanya.

Baca Juga: LTMPT Sebut Ada 313 Peserta SBMPTN Didiskualifikasi, Ini Alasannya

Hingga saat ini, pihaknya menyebut, masih akan terus dilakuoan tracing terhadap klaster tersebut. Untuk saat ini, ada 2 blok di Lapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta yang belum dilakukan tracing. Pihaknya menyebut petugas bakal melakukan sterilisasi di Lapas Narkotika Kelas II A.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x