49 Pelaku Pungli di Pelabuhan Tanjung Priok Ditangkap Polisi

- 11 Juni 2021, 18:31 WIB
Ilustrasi uang. Berikut adalah mereka yang akan mendapat gaji ke-13 dari negara, di antaranya adalah ASN atau PNS, Calon PNS, PPPK, Prajurit TNI, Anggota Polri dan pejabat negara.
Ilustrasi uang. Berikut adalah mereka yang akan mendapat gaji ke-13 dari negara, di antaranya adalah ASN atau PNS, Calon PNS, PPPK, Prajurit TNI, Anggota Polri dan pejabat negara. /PIXABAY/EmAji

KABAR JOGLOSEMAR - Setelah hari Kamis, 10 Juni 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kapolri Jenderal Pol Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memberantas praktik pungutan liar (pungli) di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, pada Jumat 11 Juni 2021 menangkap 49 pelaku pungli.

Mereka merupakan karyawan yang juga petugas security depo di pelabuhan maupun di luar depo yang biasa dikenal dengan Pak Ogah.

Baca Juga: Menkopolhukam soal UU ITE: Bunuh Diri Kalau Kita Mencabut

Para pelaku memungut antara Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per truk kontainer yang datang maupun meninggalkan depo. Pungutan tidak hanya dilakukan di satu titik tapi bisa sampai 5 titik pungutan.

"Padahal setiap hari ada sekitar 500 truk kontainer yang beroperasi. Bila 1 truk saja mengeluarkan Rp 10.000 maka hasil pungli bisa mencapai Rp 5 juta per hari," kata Kombes Pol Yusri Yunus, Kabid Humas Polda Metro Jaya pada Jumat, 11 Juni 2021.

Sehari sebelumnya, Kamis 10 Juni 2021, sejumlah driver/ sopir kontainer curhat kepada Presiden Jokowi saat berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Para driver mengaku setiap hari mengeluarkan sejumlah uang di sejumlah titik kepada pegawai depo, termasuk security.

Baca Juga: Sempat Tak Ada Niat Menikah, Vicky Prasetyo Kini Kerja Keras Demi Kalina Octaranny

Jumlah pungutan bervariasi mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000. Hal ini dinilai oleh para driver sangat meresahkan karena setiap hari mereka harus mengeluarkan uang untuk memperlancar bongkar muat. Bila tidak memberikan uang maka bongkar muat diperlambat.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X