7 Bulan Ditutup, Terpal Penutup Stupa Candi Borobudur Dibuka

- 10 Juni 2021, 14:06 WIB
Terpal penutup Candi Borobudur dibuka setelah dititupi selama 7 buoan untuk menghindari dampak abu vulkanik Gunung Merapi
Terpal penutup Candi Borobudur dibuka setelah dititupi selama 7 buoan untuk menghindari dampak abu vulkanik Gunung Merapi /ANTARA FOTO/Anis Efizudin

KABAR JOGLOSEMAR - Setelah sempat ditutup untuk mengantisipasi hujan abu vulkanik akibat Gunung Merapi, terpal penutup stupa Candi Boroudur akhirnya dibuka.

Sebelumnya stupa candi yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dengan Jogja tersebut sempat ditutup selama 7 bulan sejak November 2020 hingga awal Juni 2021.

Sejumlah petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB) membuka penutup stupa Candi Borobudur pada Rabu, 9 Juni 2021.

Baca Juga: Dinar Candy Jadi Sorotan Publik Usai Komentari Video Viral Pria Berotot Jualan Bakso

Koordinator Aspek Pemanfaatan Balai Konservasi Borobudur Yudi Suhartono mengungkapkan pembukaan penutup stupa Candi Borobudur itu telah melalui pertimbangan.

Pertimbangan yang dimaksud ialah dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) soal laporan potensi hujan abu Gunung Merapi yang tidak mengancam Candi Borobudur.

BPPTKG Yogyakarta menyatakan bahwa kondisi Gunung Merapi saat sejak 5 November 2020 berstatus Siaga (level III), hujan abu yang terjadi dominan di sektor timur Gunung Merapi maksimal sejauh 8 kilometer dari puncak gunung.

Baca Juga: Kolaborasi Bareng Sisca Kohl, Jerome Polin: Satu Hari Ini Akan Makan Makanan Termewah dalam Hidup Aku

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas mengancam sektor selatan-barat daya Gunung Merapi sejauh maksimal lima kilometer dan sektor tenggara sejauh tiga kilometer. Selain itu diperkirakan proses erupsi efusif Gunung Merapi masih akan terjadi beberapa bulan ke depan.

"Berdasarkan informasi tersebut untuk sementara ini kondisi Candi Borobudur aman dari erupsi Gunung Merapi," kata Yudi pada Rabu, 9 Juni 2021.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x