Tidak Ada Pemberangkatan Haji Tahun 2021, Bagaimana Nasib Calon Jemaah Haji RI?

- 4 Juni 2021, 08:13 WIB
Ilustrasi pemerintah batalkan keberangkatan jemaah haji Indonesia tahun ini
Ilustrasi pemerintah batalkan keberangkatan jemaah haji Indonesia tahun ini ///Instagram @mekke.medina1

KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah resmi meniadakan pemberangkatan haji tahun ini. Keputusan ini tentu membuat para calon jamaah haji yang seharusnya tahun ini berangkat ke tanah suci terpaksa menelan kekecewaan karena tidak jadi berangkat haji. Lantas ke depan bagaimana nasib calon jemaah yang batal berangkat haji ?

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jendral Haji dan Umrah Kementerian Agama, Khoirizi mengatakan pihaknya memang belum mempersiapkan calon jemaah haji untuk berangkat ke Tanah Suci tahun ini karena belum ada informasi resmi dari pemerintah Arab Saudi.

"Kita belum tahu berapa jamaah yang diberangkatkan, maka itulah kita tidak bisa mengambil kesimpulan karena sampai saat ini belum ada informasi tentang ibadah haji. Jadi asumsi kita yang pernah disebutkan itu asumsi tahun 2020," terang Khoirizi.

Baca Juga: Ramai Kabar Kartu Prakerja Gelombang 17 Akan Dibuka, Berikut Syarat dan Cara Mendaftarnya

Tahun berikutnya jika ada perizinan haji dari Indonesia, maka sistem keberangkatannya tetap sama yang daftar lebih dulu yang akan diprioritaskan.

Khotizi menambahkan, sejauh ini para jamaah mengerti dengan keputusan pemerintah. Karena hal ini juga demi melindungi keselamatan para jemaah mengingat situasi pandemi yang belum berakhir.

"Dalam UU ada tiga kewajiban yang harus dilakukan pemerintah, pertama pembinaan, kedua pelayanan, ketiga perlindungan. Ketika kita bicara perlindungan di masa pandemi ini tentu keselamatan menjadi faktor utama," tambahnya.

Baca Juga: Stok Vaksin Terbatas, WHO Tegaskan Anak-Anak Bukan Prioritas Utama Penerima Vaksin COVID-19

Khoirizi menepis adanya anggapan pembatalan haji tahun ini karena RI memiliki utang dengan Arab Saudi. Indonesia tidak pernah punya hutang dengan Arab Saudi.

"Informasi yang selama ini bertebaran di media sosial, tentang haji tidak bisa berangkat karena Indonesia punya utang, itu informasi tidak ada hubungannya sama sekali, Indonesia sampai hari ini tidak pernah punya utang di negara Arab Saudi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X