Waspada, 8 Kabupaten di Jawa Timur Berpotensi Tsunami Tinggi

- 4 Juni 2021, 06:33 WIB
Ilustrasi potensi tsunami dahsyat dan gempa di Selatan Jawa.
Ilustrasi potensi tsunami dahsyat dan gempa di Selatan Jawa. /Pixabay/KELLEPICS

KABAR JOGLOSEMAR- Sejak terjadinya beberapa kali aktivitas kegempaan yang terjadi di Jawa Timur, meningkatnya aktivitas kegempaan secara berkala menjadi pertanda akan adanya gelombang tsunami yang cukup tinggi di wilayah tersebut.

BPBD Jawa Timur telah memetakan 8 kabupaten di Jatim yang masuk daerah rawan tsunami kategori tinggi. Tsunami di Jawa Timur sewaktu-waktu bisa terjadi apabila ada gempa bumi dengan kekuatan diatas magnitudo 6,5.

8 Kabupaten yang rawan tsunami dengan risiko tinggi adalah Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan.

Baca Juga: Simak Tips Cara Mencegah Hipertensi Sejak Dini, Wajib Cek Tekanan Darah Dulu Hingga Olahraga Ringan

"Jadi di Selatan Jawa Timur itu ada 8 kabupaten berdasarkan banyak kajian dari BMKG, BNPB. Selatan Jatim itu zona rawan bencana tsunami kategori tinggi, termasuk daerah rawan bencana gempa bumi tinggi," ujar Plt Kalaksa BPBD Jatim, Yanuar Rachmadi.  

Yanuar menjelaskan, ke-8 daerah di bagian selatan Jatim yang rawan tsunami disebabkan oleh megathrust. Setiap tahun, ada lempeng yang bergerak di zona itu. 

"Karena di Selatan Jawa ada megathrust. Itu pertemuan lempeng, setiap saat bergerak, sekitar 7 mm per-tahun bergerak," terangnya.

Menurut Yanuar, pemicu tsunami terjadi yakni diawali gempa dengan kekuatan di atas magnitudo 6,5 dan kedalaman dangkal. Sementara, di Selatan Jawa juga dibagi dalam beberapa segmen.

Baca Juga: Cara Daftar BLT UMKM Rp 1,2 Juta hingga Syarat dan Cara Cek Bantuan yang Cair Secara Online

"Zona Selatan itu dibagi beberapa segmen. Segmen Jawa Barat, Jogja, kemudian segmen Jatim. Kita ada beberapa segmen yang berpotensi tsunami kalau itu bergerak," tambahnya.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x