Stok Vaksin Terbatas, WHO Tegaskan Anak-Anak Bukan Prioritas Utama Penerima Vaksin COVID-19

- 4 Juni 2021, 06:55 WIB
ILUSTRASI : Dikarenakan stok vaksin yang terbatas, WHO menegaskan bahwa ana-anak bukanlah prioritas utama yang diberikan vaksin COVID-19
ILUSTRASI : Dikarenakan stok vaksin yang terbatas, WHO menegaskan bahwa ana-anak bukanlah prioritas utama yang diberikan vaksin COVID-19 /Instagram/@who

KABAR JOGLOSEMAR –  Badan kesehatan dunia PBB, WHO (World Health Organizaion), mengatakan bahwa vaksinasi COVID-19 terhadap anak-anak tidak dijadikan sebagai prioritas utama.

Direktur Departemen Imunisasi, Vaksin, dan Biologi, Kate O’Brien, menegaskan bahwa anak-anak tidak boleh menjadi fokus utama pada vaksinasi COVID-19 setelah melihat banyaknya negara-negara Makmur yang mengizinkan untuk memberikan vaksin untuk remaja dan anak-anak.

Seperti yang diketahui, Kanada, Amerika Serikat, dan juga Uni Eropa baru saja memberi lampu hijau untuk memberikan beberapa vaksin COVID-19 kepada anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun, Hal ini dilakukan setelah pemberian vaksin kepada orang dewasa dirasa telah mencapai target.

 Baca Juga: Waspada, 8 Kabupaten di Jawa Timur Berpotensi Tsunami Tinggi

Karena hal ini pula, Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mendesak negara-negara maju untuk menyumbangkan vaksin ke negara-negara miskin daripada menyuntikkan vaksin tersebut kepada remaja dan anak-anak. Fakta menyebutkan bahwa kurang dari satu persen vaksin COVID-19 digunakan oleh negara-negara miskin.

Kate O’Brien juga menambahkan bahwa alasan mengapa anak-anak tidak menjadi prioritas utama penerima vaksin dikarenakan anak-anak yang memiliki risiko penularan COVID-19 yang rendah.

Ia juga menambahkan bahwa pemberian vaksin kepada anak-anak yang dilakukan oleh negara maju tersebut hanya sebatas untuk menghentikan penularan penyakit, bukan melindungi mereka dari penularan virus atau kematian.

“Anak-anak berada pada risiko yang sangat-sangat rendah untuk benar-benar terkena penyakit COVID,” kata Kate O’Broen, dikutip Kabar Joglosemar dari portal berita Global News pada 3 Juni 2021.

 Baca Juga: Cara Daftar BLT UMKM Rp 1,2 Juta hingga Syarat dan Cara Cek Bantuan yang Cair Secara Online

“Ketika kita berada di tempat yang sangat sulit ini, seperti saat ini, di mana pasokan vaksin tidak cukup untuk semua orang di seluruh dunia, mengimunisasi anak-anak bukanlah prioritas utama saat ini.”, imbuhnya.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: World News Daily Star


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x