Cegah Harga Nuthuk, DPRD DIY Minta Perlu Edukasi Perilaku Wisata di Malioboro

- 31 Mei 2021, 13:13 WIB
Viralnya keluhan wisatawan mengenai harga pecel lele yang mahal di Malioboro, Wakil Walikota Yogyakarta meminta para pedagang tidak menjebak konsumen.
Viralnya keluhan wisatawan mengenai harga pecel lele yang mahal di Malioboro, Wakil Walikota Yogyakarta meminta para pedagang tidak menjebak konsumen. /Instagram/@malioboro_insta
 

 

KABAR JOGLOSEMAR - DPRD DIY meminta instansi terkait, khususnya UPT (Unit Pelaksana Teknis) di bidang pariwisata di Jogja agar mememberikan edukasi perilaku berwisata di Malioboro dan sekitarnya.

Eduaksi yang diberikan bukan hanya untuk para pedagang lesehan tapi bagi semua menjual barang dan jasa di Maliboro.

Edukasi perilaku wisata penting dilakukan untu memberi rasa amandan nyaman bagi wisatawan. Selain itu, untuk menjg citra Malioboro dan sekitarnya sebagai ikon pariwisita Jogja.

Baca Juga: Sejarah Panjang Hari Lahir Pancasila yang Wajib Diketahui Generasi Milenial

"Perlu ada edukasi tentang perilaku wisata bagi para PKL di Malioboro. Selain kewajiban PKL mencantumkan list atau daftar harga menu makanan dan minuman yang dijual, juga terkait higienisitas makanan/minuman. Sehingga dalam memesan makanan dan minuman wisatawan atau konsumen berpedoman pada daftar harga menu yang tercantum serta merasa aman dan nyaman mengomusinya," kata RB Dwi Wahyu, Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY, kepada Kabar Joglosemar, kemarin.

Setelah viralnya video seorang wisatawan yang mengeluhkan harga pecel yang mahal di kawasan wisata di Malioboro atau sekitarnya, muncul keluhan pengunjung terkait tarif parkir mobil tidak wajar di Titik Nol Kilometer atau depan Museum Beteng Vredeburg.

Tari parkir mobil yang biasanya Rp 5.000 sekali parkir, namun ada tukang parkir yang mengenakan tarif parkir Rp 20.000 sekali parkir.

Baca Juga: Kumpulan 10 Kata-kata Ucapan Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Tarif parkir dan harga pecel yang tidak wajar ini mencoreng citra Malioboro sebagai ikon pariwisata Jogja.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x