Heboh Tewasnya 'Anak Genderuwo' di Temanggung Diduga Dirukiyah, Ini Tata Cara Rukiyah Sesuai Syariat Islam

- 19 Mei 2021, 08:16 WIB
Ilustrasi Rukiyah diri sendiri/ /
Ilustrasi Rukiyah diri sendiri/ / /pixabay
 


KABAR JOGLOSEMAR- Belum lama ini masyarakat dihebohkan dengan penemuan mayat anak berusia 7 tahun di Temanggung.

Anak ini meninggal diduga akibat ritual Rukiyah yang dilakukan tetangganya karena sang anak sangat nakal dan dianggap kerasukan genderuwo.

Lebih mengerikanya lagi, kedua orang tua korban percaya bahwa anaknya nakal karena anak tersebut dianggap anak genderuwo sehingga harus di Rukiyah agar pengaruh gaibnya hilang.

Baca Juga: Miris! Temuan Mayat 'Anak Genderuwo' di Temanggung, 2 Dukun Ritual Ditangkap, Netizen Pertanyakan Hal Ini

Naasnya ritual Rukiyah yang dilakukan oleh tetangganya adalah Rukiyah yang salah yang membuat anak berusia 7 tahun ini harus meregang nyawa dan akhirnya meninggal dunia.

Secara syariat Islam, Rukiyah adalah memberikan perlindungan kepada orang yang sakit dengan membacakan sesuatu bersumber dari ayat-ayat Al-Qur’an, nama-nama dan sifat-sifat Allah disertai dengan doa-doa sesuai syariat dengan bahasa Arab atau yang diketahui maknanya, diiringi tiupan.

Rukiyah juga bisa dilakukan sebagai perlindungan dan mengobati diri sendiri. Namun terkadang ada pula yang membutuhkan bantuan seorang ahli Rukiyah atau dikenal sebagai peruqyah untuk menangani gangguan jin.

Baca Juga: Percepat Terbentuknya Herd Immunity, 22.736 Perusahaan Mendaftar Vaksin Gotong Royong

Berikut tata cara Rukiyah atau ruqyah sesuai syariat Islam:

Sebelum melakukan Rukiyah, ada beberapa adab yang perlu diterapkan pada seorang peruqyah, yakni bersuci. Menggunakan pakaian yang bersih.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x