Antisipasi Arus Balik Saat Pandemi Covid-19, Pemerintah Siapkan Fasilitas Tes Acak

- 14 Mei 2021, 11:36 WIB
Ilustrasi pemerintah antisipasi arus balik dengan melakukan tes acak untuk pelaku mudik
Ilustrasi pemerintah antisipasi arus balik dengan melakukan tes acak untuk pelaku mudik /Antara Foto/Asep Fathulrahman

KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah menyiapkan sejumlah titik untus tes acak seiring dengan antisipasi arus balik pelaku mudik yang diprediksi terjadi antara tanggal 16 dan 20 Mei.

Langkah ini dilakukan mengingat pelaku perjalanan yang melakukan mobilitas saat pandemi yang juga bertepatan dengan momen lebaran 2021.

Satgas Covid-19 bahkan mengingatkan kepada para pelaku perjalanan atau pemudik yang akan balik ke rumah masing-masing untuk menyiapkan juga kelengkapan dokumen.

"Untuk memastikan skrining yang maksimal, maka diterapkan random testing test antigen di titik-titik yang ditentukan," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito pada Jumat, 14 Mei 2021.

Baca Juga: Masuk Kawasan Zona Kuning, Objek Wisata Candi Prambanan Buka untuk Wisatawan Saat Libur Lebaran

Adapun random testing atau tes acak antigen ini akan menyasar kepada pengguna angkutan jalan kendaraan pribadi dan kendaraan angkutan baik di jalan tol, jalan arteri hingga ke jalan-jalan terkecil di pemukiman penduduk.

Untuk antisipasi penyeberangan arus balik dari Sumatera ke Jawa, pihaknya mengatakan bahwa sudah ada Satgas khusus yang akan memeriksa.

"Kebijakan tambahan ini bentuk pencegahan. Pemerintah daerah memiliki andil besar menyaring pelaku perjalanan agar proses skriningnya efektif. Dan juga memastikan setiap pelaku perjalanan dalam keadaan sehat," tegas Wiku.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat (Kementerian Perhubungan) Budi Setiadi menambahkan random testing atau test acak kendaraan pribadi bakal dilakukan di Pelabuhan Bakauheni dan diusulkan pada beberapa rest area sebelum masuk Pelabuhan Bakauheni.

Baca Juga: Suga BTS Kaget Gara-gara Jungkook saat ke Kamar Mandi, Ada Apa?

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X