Tidak Mudik Berarti Menyelamatkan Keluarga di Kampung

- 14 Mei 2021, 08:56 WIB
Twibbon Saya Tidak Mudik Pemkot Semarang 2021
Twibbon Saya Tidak Mudik Pemkot Semarang 2021 /twibbonize.com/@Pemkot Semarang
 

KABAR JOGLOSEMAR - Larangan atau peniadaan mudik pada Idul Fitri 2021 atau Tidak Mudik 2021 bukan tanpa alasan. Pemerintah ingin agar pemudik tidak menyebarkan atau menularkan virus corona atau Covid-19 kepada orangtua, keluarga atau sanak saudara di kampung halaman.

Sebab pemudik dalam jumlah banyak berpotensi menularkan atau tertular virus corona dalam perjalanan, yang kemudian bisa menularkan lagi kepada keluarga di kampung. Hal ini terbukti, dari 6.000 lebih pemudik yang dites secara acak, 4.000 lebih di antaranya diketahui terkonfirmasi positif virus corona.

"Belajar dari dari tahun 2020, setiap terjadi libur panjang termasuk Idul Fitri, peningkatan kasus mencapa lebih dari 100 persen. Hal ini terjadi karena mobilitas masyarakat yang tinggi saat mudik atau berlibur berpotesi terjadi penularan Covid-19.Untuk tahun ini, saat paling kritis pada 6-12 Mei 2021, sehingga dilakukan larangan mudik pada tanggal tersebut," kata Wiku Adisasmito dikutup Kabar Joglosemar dari laman covid19.go.id pada hari Kamis, 13 Mei 2021.

Baca Juga: Hospital Playlist 2 Sudah Mulai Syuting, Pemain: Lebih Baik dari Season 1

Meski ada larang mudik, namun menurut Wiku, sebagaian masyarakat tetap ada yang mudik. Mereka merasa mudik merupakan budaya yang sulit ditinggalkan sehingga mereka melakukan mudik sebelum tanggal larangan mudik berlaku. Karena itu, pemerintah memperketat pengawasan sejak 22 April hingga 5 Mei 2021.

Sementara Adita Irawati, Staf Khusus Menteri Perhubungan dan Juru Bicara Menteri Perhubungan, mengatakan kunci keberhasilan larangan mudik adalah bila masyarakat sadar alasan peniadaan mudik yakni sngat berbahaya bagi diri sendiri maupun bagi keluarga di kampung.

Kalau masyarakat sadar dan paham alasan mengapa mudik dilarang, maka masyarakat tak akan mudik. Karena itu, keberhasilan larangan mudik mudik sangat tergantung pada kesadaran masyarakat atas alasan tidak mudik.

Baca Juga: BTS hingga Justin Bieber Bakal Jadi Bintang Tamu Friends Reunion, Tayang Tanggal 27 Mei

Masyarakat pasti mempertimbangkan kembali untuk melakukan mudik atau tidak. Apalagi perjalanan mudik sifatnya meingkatkan mobilitas massa dalam waktu hampir bersamaan.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: covid19. go id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X