Ada Larangan Mudik, Pergerakan Transportasi Turun 77 Persen

- 10 Mei 2021, 18:42 WIB
Ilustrasi Mudik Lebaran 2021
Ilustrasi Mudik Lebaran 2021 /Sumber: Pixabay/jozuedouglas

KABAR JOGLOSEMAR - Adanya larangan mudik lebaran atau selama hari raya Idul Fitri 2021 berdampak pada pergerakan moda transportasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan peniadaan mudik pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendapat sambutan baik oleh masyarakat.

Bahkan jumlah pergerakan penumpang yang menurun cukup signifikan di semua moda transportasi.

Baca Juga: Sebanyak 2.604 Lebih Kendaraan Gagal Masuk Jogja

"Di ratas tadi kami melaporkan bahwa secara umum peniadaan mudik ini ditanggapi dengan cukup baik oleh masyarakat, ditandai dengan adanya penurunan jumlah pergerakan penumpang selama 6 - 9 Mei 2021 yang mencapai 77 persen di semua moda transportasi", kata Budi Karya Sumadi pada Senin, 10 Mei 2021.

Budi Karya Sumadi menyampaikan, pergerakan transportasi untuk melayani kegiatan nonmudik yang dikecualikan juga dapat dikendalikan dengan baik.

Termasuk angkutan logistik yang pergerakannya tetap berjalan seperti biasanya.

"Walaupun perjalanan penumpang dilakukan pembatasan secara ketat di masa peniadaan mudik, namun untuk angkutan logistik dipastikan tidak terkendala dan berjalan seperti biasanya," ujar Menhub Budi.

Baca Juga: Kapolres Klaten Ungkap Motif Pengemudi Mobil VW Pelat Jakarta Yang Tabrak Polisi di Prambanan hingga Terpental

Mengantisipasi terkait arus balik, yang diperkirakan akan terjadi lonjakan pada H+2 Idul Fitri, pihaknya menyarankan dua opsi.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x