Heboh Jokowi Promosikan Bipang Ambawang Sebagai Oleh-oleh Lebaran, Mendag Minta Maaf

- 8 Mei 2021, 20:39 WIB
Mendag Muhammad Lutfi
Mendag Muhammad Lutfi /Instagram/@mendaglutfi

KABAR JOGLOSEMAR - Sejak Sabtu, 8 Mei 2021 kata Bipang trending di Twitter setelah Presiden Jokowi menyebutnya dalam sebuah pidato.

Bipang adalah sebuah kuliner khas Kalimantan yang dikenal dengan nama Bipang Ambawang

Saat itu, Jokowi sedang mempromosikan berbagai kuliner nusantara Indonesia yang bisa dipesan secara online sebagai oleh-oleh mudik Lebaran.

Baca Juga: Puing Roket China Diperkirakan Jatuh ke Bumi Besok, Ini Prediksi Lokasi Menurut Peneliti

"Bagi yang rindu makanan khas daerah tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu Gudeg Jogja, Bandeng Semarang, Siomay Bandung, Pempek Palembang, Bipang Ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," kata Jokowi.

Bipang yang notabene adalah kependekan dari babi panggang pun menuai reaksi dari netizen karena merupakan makanan yang diharapkan untuk umat Islam.

Banyak pihak mempertanyakan mengapa Jokowi menyebut Bipang. Publik pun berspekulasi, apakah Jokowi tidak tahu atau kesalahan ada pada orang yang menulis teks pidato presiden.

Baca Juga: Viral Video Pramugari Bantu Tuna Netra di Kereta Api, Warganet : Definisi Cantik Luar Dalam

Seolah tidak ingin masyarakat semakin berpolemik, Menteri Perdagangan, Muhammad Luthfi selaku penanggung jawab acara pun memberikan penjelasan.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X