Kemenag: Salat Idul Fitri untuk Zona Merah dan Oranye Dilakukan di Rumah

- 7 Mei 2021, 09:25 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 07 Tahun 2021 meliputi Tujuh Poin Panduan Penyelenggaraan Salat Idulfitri Di Masa Pandemi
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 07 Tahun 2021 meliputi Tujuh Poin Panduan Penyelenggaraan Salat Idulfitri Di Masa Pandemi /Humas Setkab

KABAR JOGLOSEMAR - Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan Surat Edaran terkait dengan pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H.

Aturan tersebut dimuat dalam Surat Edaran Nomor SE 07 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di saat pandemi Covid-19.

Dalam pemaparannya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa pelaksanaan salat Idul Fitri hanya bisa dilakukan di zona hijau dan kuning.

Baca Juga: Anak Raditya Oloan Tulis Kalimat Mengharukan, Ayah Sudah Tidak Sakit dan Damai di Sisi Tuhan

"Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M di daerah yang mengalami tingkat penyebaran Covid-19 tergolong tinggi (zona merah dan zona oranye) agar dilakukan di rumah," seperti dikutip dari Surat Edaran pada Jumat, 7 Mei 2021.

Dalam pelaksanaannya kegiatan salat dilakukan di zona aman yakni kuning dan hijau berdasarkan ketetapan pihak berwenang boleh dilaksanakan di masjid dan lapangan.

Aturan yang dimuat diantaranya yakni jemaah salat Idul Fitri yang hadir tidak boleh melebihi 50 persen dari kapasitas tempat agar memungkinkan untuk menjaga jarak.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri, Inilah Tips Membuat Hampers Lebaran yang Murah dan Cepat

"Bagi para lansia atau orang dalam kondisi kurang sehat, baru sembuh dari sakit atau dari perjalanan, disarankan tidak menghadiri salat Idul Fitri di masjid dan lapangan," bunyi pernyataan itu.

Selanjutnya, di dalam edaran tersebut juga dimuat terkait protokol kesehatan seperti pengecekan sugu, penggunaan masker, hingga membawa perlengkapan salat pribadi.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x