Masih Ada Bansos Cair Mei 2021, Segera Cek Penerima Terbaru Lewat cekbansos.kemensos.go.id, Ini Caranya

- 6 Mei 2021, 09:05 WIB
Bansos BST, PKH, BPNT
Bansos BST, PKH, BPNT /instagram.com/ @kemensosri

KABAR JOGLOSEMAR - Penyaluran bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) masih terus berlangsung. Setidaknya masih ada bansos yang cair pada bulan Mei 2021 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pemerintah bakal mempercepat pencairan bansos di awal Mei atau sebelum Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Setidaknya ada Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang cair Mei 2021.

"Kami mempercepat penyaluran bantuan sosial untuk PKH, BPNT, BLT Dana Desa. Kita minta untuk segera dijalankan yang bulan ini (April) dan bulan depan (Mei) agar segera diterima masyarakat," terang Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam konferensi pers virtual pada Kamis, 22 April 2021 lalu.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Unggah Foto Hasil Jepretan Suami, Hasilnya Bikin Salah Fokus

Kendati begitu Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyampaikan ada 21 juta data penerima yang dinonaktifkan. Hal ini karena adanya data ganda penerima bansos 2021.

Mensos Tri Rismaharini menyampaikan jika penerima bansos terdaftar dalam sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Kini cek nama penerima bansos 2021 hanya melalui aplikasi cekbansos.kemensos.go.id. Link terbaru ini menggantikan dtks.kemensos.go.id.

"Melalui aplikasi ini, publik dapat memantau penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai) dengan menyebutkan nama dan desa/kelurahan tempat tinggalnya," ungkap Mensos Tri Rismaharini dikutip dari laman setkab.go.id.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 6 Mei 2021: Kematian Ricky Janggal, Elsa Diteror, Aldebaran Minta Bertemu Reyna

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x