Bansos Mei 2021 Dipercepat, Segera Cek Bansos Kemensos 2021 Lewat Aplikasi Ini

- 2 Mei 2021, 20:46 WIB
Ilustrasi BLT UMKM
Ilustrasi BLT UMKM /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya

KABAR JOGLOSEMAR - Cek penerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang cair Mei 2021. Pemerintah masih menyalurkan bansos untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sekarang cek penerima bansos 2021 hanya melalui aplikasi cekbansos.kemensos.go.id. Pemerintah bakal mempercepat pencairan bansos di awal Mei atau sebelum Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Baca Juga: Masih Bisa Daftar, Berikut Link Registrasi Online BLT BPUM UMKM 2021, Khusus Daerah Semarang

"Kami mempercepat penyaluran bantuan sosial untuk PKH, BPNT, BLT Dana Desa. Kita minta untuk segera dijalankan yang bulan ini (April) dan bulan depan (Mei) agar segera diterima masyarakat," terang Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam konferensi pers virtual pada Kamis, 22 April 2021 lalu.

Link cek bansos terbaru ini menggantikan dtks.kemensos.go.id. Mensos Tri Rismaharini menyampaikan jika penerima bansos terdaftar dalam sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Setelah diperbaiki datanya menjadi New DTKS.  Adapun data para penerima bansos ini bisa dicek secara online melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

"Melalui aplikasi ini, publik dapat memantau penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai) dengan menyebutkan nama dan desa/kelurahan tempat tinggalnya," ungkap Mensos Tri Rismaharini dikutip dari laman setkab.go.id.

Baca Juga: Tuai Kerugian Miliaran Rupiah, Berikut Kronologi Kasus Investasi Bodong 212 Mart di Samarinda

Aplikasi cek bansos ini diluncurkan untuk memenuhi hak informasi publik dan meningkatkan transparansi penyaluran bansos 2021.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x