Kasus Aktif di 3 Provinsi Meningkat Seiring Meningkatnya Mobilitas Penduduk

- 30 April 2021, 22:21 WIB
Ilustrasi pandemi corona
Ilustrasi pandemi corona /Pixabay/cromaconceptovisual

KABAR JOGLOSEMAR - Dalam 4 bulan terakhir sejak Januari hingga April 2021, ada 3 provinsi yang mengalami peningkatan jumlah kasus aktif Covid-19.

Peningkatan kasus aktif tersebut terjadi seiring meningkatnya mobilits penduduk di 3 provinsi tersebut.

Ketiga provinsi yang mengalami peningkatan kasus aktif tersebut adalah Riau, Jambi dan Lampung. Provinsi Riau meningkat 71 persen dengan kenaikan mobilitas pendudukan sebesar 7 persen.

Baca Juga: Selain Masker Oksigen Aldebaran, Amanda Manopo Lupa Tutup Resleting Celana Di Sinetron Ikatan Cinta Bikin Hebo

Sementara kasus aktif di Provinsi Jambi naik 14 persen dengan kenaikan mobilitas penduduk sebesar 23 persen. Sedangkan kasus aktif di Provinsi Lampung naik14 persen dengan kenaikan mobilitas penduduk 33 persen.

Kenaikan kasus aktif yang beriringan dengan kenaikan mobilitas penduduk tersebut menunjukkan bahwa mobilitas warga selalu berpotensi meningkatnya kasus aktif Covid-19. Karena itulah alasan pemerintah untuk melarang mudik pada Idul Fitri 2021.

"Tren peningkatan mobilitas penduduk ke pusat perbelanjaan yang beriringan dengan tren peningkatan jumlah kasus aktif di 3 provinsi tersebut," kata Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, dikutip Kabar Joglosemar di laman covid19.go.id pada Jumat 30 April 2021.

Menurut Wiku, peningkatan mobilitas penduduk berdampak signifikan terhadap peningkatan jumlah kasus aktif. Karena itu Wiku mengingatkan masyarakat agar mengambil keputusan yang bijak dalam menyambut libur Idul Fitri 2021, apalagi Indonesia masih dalam masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Tak Ada Tunjangan Kinerja, Ini Jadwal Serta Jumlah THR PNS, TNI, Polri hingga Pensiunan di Tahun 2021

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x