Resmi BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Sinopharm

- 30 April 2021, 12:28 WIB
Ilustrasi vaksinasi dengan vaksin Sinopharm
Ilustrasi vaksinasi dengan vaksin Sinopharm /Pixabay.com/DoroT Schenk

KABAR JOGLOSEMAR - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitian izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Sinopharm.

Vaksin Sinopharm tersebut merupakan buatan perusahaan farmasi milik pemerintah Tiongkok, China National Pharmaceutical Group.

Nantinya, vaksin Sinopharm itu akan digunakan untuk program vaksinasi gotong royong.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 30 April 2021: Mama Sarah Terkejut Tahu Fakta Baru Elsa dan Ricky, Surat Tes DNA Hilang

"Sudah diberikan EUA untuk vaksin produksi Beijing Bio Institut Biological Product, yang merupakan salah satu unit dari Sinopharm, yang merupakan anak perusahaan China National Biotech Group," ungkap Kepala BPOM, Penny Lukito dalam konferensi pers pada Jumat, 30 April 2021 dikutip dari YouTube Badan POM RI.

Pihaknya menjelaskan bahwa Vaksin Sinopharm ini merupakan platform inactivated virus atau virus yang dimatikan.

"Sudah kami lakukan evaluasi keamanan, khasiat dan mutu vaksin tersebut. Proses evaluasi ini tentunya dilakukan bersama tim ahli dalam komite penilai vaksin COVID-19 dan juga bersama ITAGI dan dengan institusi klinis lainnya," imbuh Penny Lukito.

Terkait dengan evaluasi keamanan dan khasiat vaksin, tim ahli bersama ITAGI dan para ahli klinis dapat memastikan dua dosis vaksin Sinopharm menunjukkan profile keamanan yang baik.

Baca Juga: Bacaan Doa dan Niat Zakat Fitrah yang Wajib Diketahui

Dia mengungkapkan hasil uji klinis fase III yang dilakukan di Uni Emirat Arab menunjukkan efikasi Vaksin Sinopharm mencapai 78 persen.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: YouTube Badan POM RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x