Stok Bahan Pangan di Jogja Aman Menjelang Idul Fitri 2021

- 29 April 2021, 11:58 WIB
Ilustrasi stok pangan jelang Lebaran
Ilustrasi stok pangan jelang Lebaran /Twitter@Syahrul_YL
 
 
KABAR JOGLOSEMAR - Masyarakat Jogja tak perlu khawatir dengan ketersediaan atau Stok Bahan Pangan menjelang hari raya Idul Fitri 2021.
 
Sebab ketersediaan atau stok bahan pangan dan barang kebutuhan pokok lainnya menjelang hari raya Idul Fitri di Jogja dijamin aman.
 
Dari hasil pemantauan yang dilakukan Tim Pengendali Inflasi Daerah DIY (TPID DIY) dii sejumlah pasar tradisional hingga Rabu 28 April 2021 diketahui bahwa ketersediaan bahan pangan aman. Demikian pula harga bahan kebutuhan pokok stabil atau tanpa kenaikan harga yang berarti.
 
 
Bahkan sejumlah komoditas, seperti harga cabai, mengalami penurunan hingga mencapai Rp 30 ribu per kilogram dari  sebelumnya mencapai di atas Rp 30 ribu per kilogram.
 
Tri Saktiyana, Asisten Sekda DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan DIY, dikutip Kabar Joglosemar dari Humas DIY, Rabu 28 April 2021, menyebutkan ada 4 aspek yang dipantai yakni ketersediaan, keterjangkauan harga, kemudahan transportasi/distribusi dan komunikasi.
 
Dari keempat aspek tersebut, menurut Saktiyana, semuanya dijamin aman. Ia memberi contoh stok gula, minyak goreng dan tepung di Pasar Prawirotaman maupun di PT. Purba Laksana sebagai distributor, dalam kondisi terjamin dan aman.
 
 
Ketersediaan bahan pangan maupun harga-harga barang kebutuhan tersebut juga harus terus dikomunikasikan dengan masyarakat. "Komunikasi yang efektif kepada masyarakat mengenai stok dalam kondisi cukup dan harga relatif terkendali, perlu dilakukan," kata Tri Saktiyana.
 
Ia pun mendorong masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional menjelang hari raya Idul Fitri. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong ekonomi rakyat di pasar tradisional bergerak dan tumbuh.
 
"Masyarakat didorong untuk berbelanja lebih banyak lagi di pasar tradisional agar pasar bergerak dan perekonomian semakin bersemangat meski gairah masyarakat masih terkendali akibat pandemi," kata Tri Saktiyana.
 
 
Dari hasil pemantauan tim yang dipimpin Tri Saktiyana, harga beberapa komoditi seperti cabai merah rawit yang pada awal bulan puasa haganya masih tinggi, saat ini turun menjadi Rp 30 ribu per kilogram.
 
Sementara harga bawang kating yang minggu lalu sebesar Rp 30 ribu per kilogram kini turun menjadi Rp 28 ribu per kilogram.
 
Sementara harga bawang merah besar yang minggu lalu 32 ribu per kilogram kini turun menjadi Rp 28 ribu per kilogram. Sementara harga komoditi lainnya juga masih stabil.***
 

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x