Keutamaan 10 Hari Terakhir Puasa Ramadhan Beserta Amalan-Amalan yang sayang di Lewatkan

- 27 April 2021, 08:30 WIB
ilustrasi pahala 10 hari terakhir puasa Ramadhan/
ilustrasi pahala 10 hari terakhir puasa Ramadhan/ /pixabay/Dannysee
 


KABAR JOGLOSEMAR - 10 hari terakhir Ramadhan menjadi hari yang ditunggu-tunggu umat muslim untuk memperbanyak ibadah sunnah agar mendapat pahala berlipat.

Tak hanya itu saja 10 hari terakhir puasa Ramadhan juga menjadi momentum umat muslim agar mendapat keutamaan dan keberkahan di malam Lailatul Qadar.

10 hari terakhir bulan Ramadhan memiliki keutamaan masing-masing. Setiap bagian dari bulan Ramadhan memiliki keutamaannnya masing-masing, seperti  yang dikatakan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh al-Baihaqi berikut:

Baca Juga: Ikatan Cinta Hari Ini 27 April 2021: Aib Elsa Terbongkar Juga, Usaha Aldebaran Sembunyikan Status Reyna Sia-si

"Awal bulan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka."

10 hari terakhir bulan Ramadhan amatlah disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, ia berkata,

"Dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersungguh-sungguh di 10 terakhir di bulan Ramadhan lebih dari pada bersungguh-sungguhnya beliau di hari-hari lainnya." (HR. Muslim dan Ahmad).

Baca Juga: Kesan Alan Shearer dan Thierry Henry Setelah Jadi Dua Orang Pertama yang Masuk Premier League Hall of Fame

Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari sahabat 'Aisyah Radhiyallahu 'Anha bahwasannya "dahulu Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam apabila telah masuk 10 terakhir beliau mengencangkan ikat pinggangnya, menghidupkan malam-malamnya dan membangunkan keluarganya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Artinya bahwasannya beliau "mengencangkan ikat pinggangnya" yaitu beliau bersungguh-sungguh dalam beribadah dan menjauhi istri-istrinya. Beliau tidak berhubungan badan dengan mereka di malam-malam sepuluh terakhir dan sibuk beribadah kepada Allah SWT.

Selain memiliki keutaman khusus, berikut amalan yang bisa dikerjakan 10 hari puasa terakhir Ramadhan yang sayang dilewatkan :

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X