Cek Bansos Periode April 2021, Ini Cara Mudah Login cekbansos.kemensos.go.id Pakai NIK KTP

- 24 April 2021, 18:57 WIB
Ilustrasi BLT UMKM
Ilustrasi BLT UMKM /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya

KABAR JOGLOSEMAR - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyampaikan kalau pengecekan penerima bantuan sosial (bansos) dari Kemensos bisa dicek melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sudah diperbaiki dan menjadi New DTKS. Kemensos menyalurkan tiga program bansos 2021 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca Juga: Kasus Corona Tak Kunjung Membaik, India Kembali Catat Rekor Dunia, RS Kewalahan Tampung Pasien

“DTKS sepanjang bulan Maret telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS,” ujar Tri Rismaharini pada 21 April 2021 sebagaimana dikutip Kabar Joglosemar.

Ia menjelaskan dengan adanya New DTKS, akan diperbarui setiap bulan untuk memastikan integritasnya terus ditingkatkan sekaligus mengakomodasi dinamika sosial masyarakat. Mensos menambahkan jika ada 21 juta data ganda penerima bansos yang dinonaktifkan.

Mensos Risma menyebutkan ada pengembangan fitur yang mencakup usulan baru dan sanggahan atas kepantasan penerima bantuan sosial usulan baru. Nantinya akan melalui proses verifikasi dan validasi pemerintah daerah supaya tetap menjaga integritas data.

Cara cek penerima bansos dari Kemensos terbaru pun melalui cekbansos.kemensos.go.id. Masyarakat terutama sudah bisa mengaksesnya dengan login NIK KTP saja.

Baca Juga: Dikira Murah! Total Harga Blazer Biru dan Manset yang Dipakai Amanda Manopo ‘Ikatan Cinta’ Sampai Puluhan Juta

Berikut cara mengecek nama penerima bansos 2021:

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x