5 Amalan yang Bisa Dilakukan 10 Hari Terakhir Puasa

- 23 April 2021, 13:03 WIB
Amalan 10 hari kedua puasa Ramadhan
Amalan 10 hari kedua puasa Ramadhan /Pixabay/freebiespic

 

KABAR JOGLOSEMAR- 10 hari terakhir puasa Ramadhan adalah hari yang istimewa dan ditunggu-tunggu umat muslim. Pasalnya di 10 hari terakhir puasa Ramadhan ada banyak amalan ibadah sunah yang bisa dilakukan dan akan mendatangkan pahala berlipat.

Dikatakan, "Ketika memasuki 10 akhir Ramadan, Nabi mengencangkan sarung, mengisi malamnya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut ibadah" (H.R. al-Bukhari).

Berikut 5 amalan yang bisa dilakukan di 10 hari terakhir puasa : 

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 23 April: Gawat! Rencana Aldebaran Berantakan, Mama Rosa Dapat Laporan di Luar Dugaan

1. Mengerjakan Salat Malam/Tahajud

Menghidupkan malam-malam bulan Ramadan dapat dilakukan dengan mengerjakan qiyamul lail (salat malam) berupa salat tahajud seperti hadis riwayat Aisyah di atas.

Dalam hadis lain disebutkan oleh Aisyah, "Aku selalu menyaksikan beliau beribadah selama Ramadan hingga menjelang subuh."

Seseorang dapat mengerjakan salat tarawih seusai salat isya, kemudian menunda salat witir untuk dikerjakan setelah tahajud, mengingat salat witir adalah salat penutup. Dimungkinkan pula, salat witir dikerjakan setelah tarawih, tetapi kemudian tidak mengerjakan witir setelah tahajud karena Nabi bersabda, "tidak ada dua witir dalam satu malam".

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x