135 Warga India Ramai-Ramai Masuk Indonesia, Pemerintah Perketat Skrining

- 23 April 2021, 09:53 WIB
Ilustrasi pandemi corona
Ilustrasi pandemi corona /Pixabay/cromaconceptovisual

KABAR JOGLOSEMAR- Kabar mengejutkan datang dari Kementerian Kesehatan yang melaporkan 135 warga negara India memasuki Indonesia melalui Bandara Soetta.

Ramai-ramai warga negara India yang masuk ke Indonesia jelas sangat mengkhawatirkan karena diketahui di India saat ini sedang terjadi ledakan kasus Covid-19 yang tinggi dan sampai saat ini belum bisa tertanggani dengan maksimal.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Belanja Sosial Kuartal I 2021 Tumbuh 16,5 Persen

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, meminta Dirjen Keimigrasian dan Kementerian Luar Negeri bertindak cepat.

Doni menyebut pemerintah hingga saat ini masih melarang warga negara asing masuk ke tanah air. Kecuali bagi yang memiliki surat izin khusus karena bekerja di Indonesia.

"Ini informasi penting bagaimana bisa masuk sementara kita masih melarang warga negara asing masuk kecuali punya Kitas, selain itu tidak boleh," ujar Doni.

Doni menambahkan, Kementerian Luar Negeri dan Dirjen Imigrasi harus bertindak cepat.

Ia juga menekankan agar jangan sampai terjadinya eksodus besar-besaran warga India ke Indonesia karena dinilai ada kelonggaran.

Baca Juga: Bocoran Drama Hospital Playlist 2 Dari Para Pemain, Lebih Baik dari Season 1

"Jangan sampai membiarkan WNA masuk sedangkan di satu sisi ada larangan mudik, jangan ada WNA yang difasilitasi masuk," tegasnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menyebut dalam beberapa hari terakhir banyak warga India datang ke Indonesia. Mereka masuk via udara di Bandara Soekarno-Hatta.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x